Share

70 Skutik Listrik Viar Q1 Sudah Dipesan Konsumen

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 07 15 1710024 70-skutik-listrik-viar-q1-sudah-dipesan-konsumen-B5uYj6UeeT.jpg Viar Q1 (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Sebelum diluncurkan secara resmi, PT Triangle Motorindo (TM) selaku produsen sepeda motor Viar Indonesia sudah memperkenalkan terlebih dulu skuter listrik (skutik) Q1 pada 15 Mei 2017. Di saat bersamaan, Viar membuka keran pemesanan kepada konsumen. Sejak diperkenalkan hingga resmi diluncurkan kemarin, Selasa 6 Juni 2017, sudah puluhan konsumen yang memesan, baik melalui online maupun langsung ke diler.

"Sudah 70 unit yang dipesan, tanggal 8 Juni mulai dikirim ke konsumen tapi itu bagi yang duluan order," ujar Deden Gunawan, Corporate Manager TM.

Deden menambahkan, konsumen yang baru melakukan pemesanan, perlu menunggu terlebih dulu dalam waktu yang tidak terlalu lama. "Inden kurang lebih lebih tiga minggu," tambah Deden.

Selain dari perseorangan, rupanya skutik listrik Viar Q1 juga sudah mendapat pesanan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Namun saat ini, kendaraan tersebut masih dalam proses, sehingga belum diketahui kapan akan mulai dikirim.

"PLN mau pakai 250 unit di awal," papar Deden.

Motor yang ditargetkan terjual sebanyak 500 unit pada bulan ini, untuk sementara waktu hanya dipasarkan di Jakarta. Tetapi ke depannya, tidak menutup kemungkinan seluruh diler Viar menjual Q1.

"Di Jakarta dulu dengan memanfaatkan jaringan yang sudah ada. Dari jaringan memang sudah banyak juga yang meminta untuk menjual Q1, tapi nanti kita lihat dulu siapa yang paling siap untuk jual Q1. Kita mau harus eksusif beda sama roda tiga, segmennya Q1 beda sekali," ujar Deden.

Skutik listrik seharga Rp16,2 juta ini merupakan hasil kerjasama Viar dengan Bosch dan Universitas Gadjah Mada. Bosch perusahaan penyedia layanan dan teknologi global mendukung pengembangan pada komponen tenaga pengerak, sedangkan UGM berperan dalam melakukan pengembangan berkelanjutan untuk menjadikan Viar Q1 sebagai e-Scooter pintar.

Viar Q1 menggunakan sumber daya baterai tipe lithium-ion berkapasitas 60 v 20 Ah terintegrasi dengan e-Motor Bosch yang memiliki keluaran daya 800 watt. Tenaga maksimal yang dihasilkan sampai 1,5 hp. Butuh 4 sampai 5 jam untuk pengisian baterai dari kosong sampai penuh. Skutik listrik yang diproduksi di Semarang ini bisa menempuh jarak hingga 60 kilometer (km) dan kecepatan mencapai 60 km per jam. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini