Share

Honda Siapkan Hypercar Bertenaga Listrik

Anton Suhartono, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 15 1712320 honda-siapkan-hypercar-bertenaga-listrik-3jhXHMXxPW.jpg Honda NSX 4-motor EV Concept (Autoexpress)

LONDON - Honda dilaporkan segera mewujudkan hypercar bertenaga listrik ke jalur produksi. Model acuannya mobil balap di ajang Pikes Pike, Inggris, bertenaga 1.000 bhp yang dilengkapi dengan empat motor listrik. Desain motor listriknya juga digunakan pada mobil konsep NSX 4-motor EV Concept.

Mobil balap konsep itu finis ketiga di ajang Pikes Pike 2016 dengan rute jalan menanjak di pegunungan.

Empat motor listrik ditambah baterai lithium-ion 70 kWh mampu memproduksi tenaga 1.000 bhp dan torsi 800 nm. Setiap motor menggerakkan satu roda. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 2,5 detik.

"Kami mengembangkan teknologi baru dan kami ingin mengaplikasikan sistemnya ke mobil listrik, bertenaga besar dan memiliki motor dengan respons yang tinggi. Kami sedang meneliti dan mengembangkannya," kata seorang insinyur senior Honda seperti dikutip dari Autoexpress.

Namun mengingat tingkat kekompleksan penggunaan empat motor listrik, maka sistem ini hanya akan digunakan pada model kendaraan khusus, bukan kendaran reguler.

Pada Oktober 2017, Honda membentuk divisi khusus pengembangan kendaraan listrik, Electric Vehicle Development Division untuk mempercepat realisasi mobil listrik. Divisi ini mengemban tugas untuk mengejar target dua per tiga mobil Honda yang dijual pada 2030 sudah mengaplikasikan motor listrik, baik kendaraan hybrid, plug-in hybrid, hidrogen, maupun full electric.

Fokus pertama Honda adalah mewujudkan semua model kendaraannya ditawarkan dengan varian mesin hybrid. Saat ini beberapa model kendaraan Honda sudah mengaplikasikan hybrid, seperti Accord, CR-Z, dan Jazz (Fit). Pada tahun depan Honda akan merilis CR-V hybrid.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini