1,75 Juta Mobil Toyota Kijang Terjual di Indonesia dalam 40 Tahun

Anton Suhartono, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 10 15 1712692 1-75-juta-mobil-toyota-kijang-terjual-di-indonesia-dalam-40-tahun-asvuYs3m0A.jpg Produksi Kijang Innova di pabrik Toyota Indonesia di Karawang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Toyota Kijang merayakan 40 tahun kehadirannya di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada 1977, mobil keluarga ini sudah terjual sebanyak 1,75 juta unit. Angka itu menempatkannya sebagai kendaraan multi purpose vehicle (MPV) terlaris di Indonesia.

Cerita sukses Kijang berlanjut pada 1987 di mana kendaraan tersebut untuk pertama kalinya memasuki pasar global.

Menoleh ke belakang, kehadiran Toyota Kijang tidak lepas dari kebijakan Pemerintah Indonesia pada pertengahan 1970-an terkait industri nasional melalui pengembangan alat angkut serbaguna. Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Toyota Indonesia merancang kendaraan yang sesuai dengan karakter pasar serta kondisi geografis Indonesia. Didasari hal ini generasi pertama Toyota Kijang dalam konsep basic utility vehicle (BUV) meluncur pada Juni 1977.

Seiring kemajuan ekonomi dan kebutuhan masyarakat, Toyota Kijang terus dikembangkan sehingga tidak lagi sebagai BUV, namun menjadi kendaraan serbaguna. Lalu lahirlah Toyota Kijang Generasi-2 pada 1981. Sejak saat itu, Toyota Kijang tidak lagi dikenal sebagai angkutan barang atau kendaraan niaga tapi sebagai kendaraan keluarga yang saat ini dikenal sebagai MPV.

Tidaklah berlebihan, jika keberhasilan Toyota Kijang Generasi-2 membuka peluang terbentuknya segmen pasar MPV di Indonesia yang sampai saat ini merupakan pasar terbesar di kancah automotif nasional. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen MPV menguasai hampir 50 persen pasar automotif nasional.

"Kami bersyukur bahwa sejak diperkenalkan, Kijang telah berhasil membuka segmen baru di pasar automotif Indonesia, khususnya MPV," kata President Director PT Toyota Astra Motor, Yoshihiro Nakata.

Cerita sukses Kijang rupanya menjadi inspirasi bagi Toyota untuk menghadirkan MPV-MPV baru lain untuk menggarap segmen berbeda. Lepas tahun 2000, Toyota menghadirkan low MPV Avanza lalu disusul pada 2016 dengan Calya yang bermain di segmen low cost green car (LCGC).

"Keberhasilan Toyota Kijang ini juga menjadi basis pengembangan model MPV Toyota lainnya seperti Toyota Avanza dan Toyota Calya yang dua-duanya juga berhasil mendapat tempat di hati masyarakat, terlihat pada posisinya sebagai market leader di segmen masing-masing," tambah Yoshihiro.

Prestasi penjualan model kendaraan MPV menempatkan Toyota Indonesia sebagai empat besar dalam tataran penjualan Toyota Global setelah Jepang, Amerika Serikat, dan China.

Pada 2016, total penjualan Toyota mencapai 388.204 unit. Dari jumlah tersebut, 249.253 unit di antaranya berasal dari penjualan segmen MPV.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini