Jelang Lebaran, Avanza & Calya Paling Diburu & Stok Innova Terbatas

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 15 1723261 jelang-lebaran-avanza-calya-paling-diburu-stok-innova-terbatas-PGZ8iJRzNL.jpg Avanza dan Calya paling diburu menjelang Lebaran di diler Auto2000 seuruh Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjelan Lebaran ada peningkatan permintaan kendaraan dibandingkan bulan-bulan lainnya. Hal ini dialami diler Toyota Auto200 di seluruh Indonesia. Jenis kendaraan paling favorit adalah multi purpose vehicle (MPV), baik dari LCGC sampai medium MPV.

Chief Executive Auto2000 Agus Prayitno mengatakan, penjualan produk Toyota pada Mei dan Juni lebih baik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya di tahun 2017.

"Bulan ini secara harian tetap lebih baik dari bulan sebelumnya. Cuma bulan ini kan hari kerjanya pendek. Bahkan pabrik sudah libur sejak kemarin. Toyota Astra Motor kemarin juga sudah tutup (libur). Tapi (penjualan) lebih baik dari bulan lalu," terang Agus, usai acara penyerahan simbolis 7.875 bola dalam program 'Bola untuk Indonesia' ke PSSI di Jakarta, kemarin.

Namun, lanjut Agus, peningkatan yang dialami Auto2000 tidak drastis. Dalam sehari pihaknya bisa menjual sekira 600 unit kendaraan dari seluruh cabang di Indonesia.

"Masih oke, tapi enggak ada peningkatan sampai jump begitu. Hariannya, kalau Auto2000 saja kami seharinya bisa mencapai 600 unit dari 108 cabang di seluruh Indonesia," sebutnya.

Ditambahkannya, model kendaraan yang paling diburu menjelang Lebaran adalah low MPV Avanza. Lalu disusul dengan low cost green car (LCGC) Calya. Meski demikian, permintaan terhadap Kijang Innova juga cukup signifikan meski tidak sebesar Avanza dan Calya.

"Trennya tetap MPV, yaitu Avanza dan Calya. Tapi kami punya Fortuner dan Kijang (Innova) juga luar biasa. Kijang malah sedikit barangnya," imbuhnya.

Jika konsumen ingin mendapatkan Innova lebih cepat, lanjut Agus, mereka tidak bisa memilih warna secara leluasa. Karena stok yang ada belum tentu memiliki warna sesuai dengan keinginan konsumen. "Barangnya (Innova) sudah agak enggak bebas pilih warna," ujarnya.

Menurut dia, konsumen yang ingin menggunakan mobil baru untuk berlebaran, umumnya sudah memesan sejak sebulan lalu. Hal ini untuk memastikan unit sudah sampai ke rumah sebelum Lebaran. Sementara pemesanan saat ini unitnya baru akan tiba setelah Lebaran.

“Menjelang Lebaran ada perubahan perilaku konsumen, dari bulan lalu sudah beli. Mereka minta cepat-cepat karena mau dipakai untuk Lebaran," pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini