nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seberapa Penting Posko Mudik bagi Pengguna Kendaraan Pribadi?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 29 15 1725965 seberapa-penting-posko-mudik-bagi-pengguna-kendaraan-pribadi-SJZMAKmO9V.jpg Poko mudik Toyota (Foto: TAM)

JAKARTA - Sebagai upaya memberikan bantuan kepada para pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi, sejumlah agen pemegang merek (APM) mendirikan posko mudik.

Umumnya posko mudik tersebar di beberapa wilayah yang banyak dilalui oleh para pemudik. Tidak ada salahnya jika pemudik mampir ke posko mudik, karena banyak hal yang bisa dilakukan di sana.

"Sebenarnya posko mudik itu penting untuk dua kondisi yaitu mobil dan pengemudi. Kenapa karena kecelakaan sering terjadi karena kondisi mobilnya tidak layak jalan, atau bisa jadi karena pengemudinya lelah. Mungkin mobilnya sehat tapi pengemudianya tidak," ujar Indah Yuliana, kepala bengkel Auto2000, Cikarang, Jawa Barat, kepada Okezone.

Menurut Indah, setelah menempuh jarak jauh sekira 4 jam, pemudik atau pengemudi disarankan mengistirahatkan mobil dan juga pengemudinya, itu hal yang paling penting.

"Itu makanya posko mudik Toyota ada di beberapa titik di sepanjang jalur mudik untuk mengantisipasi itu," tambah Indah.

Masih kata Indah, di posko mudik tidak ada pengecualian. Jika ada pemilik kendaraan yang ingin melakukan perawatan kendaraan bisa dilayani.

"Memang biasanya kita lebih banyak kepada pengecekan, penyetelan, dan pengantian. Bahkan ada juga pemudik yang memanfaatkan posko untuk melakukan maintenance (pemeliharaan) rutin bulanan karena tidak keburu ke bengkel saat ingin berangkat mudik, jadi begitu tahu ada posko mudik ya sekalian melakukan maintenance di sana," ujar Indah.

Sebagai informasi, Toyota Astra Motor (TAM) beserta jaringannya membuka 298 titik pelayanan servis di berbagai kota di Indonesia melalui program Toyota Holiday Campaign 2017.

Titik pelayanan tersebut terdiri dari 22 Posko Siaga di sepanjang Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi; 10 Bengkel Siaga yang beroperasi selama 24 jam; serta 260 Bengkel Siaga yang tetap buka selama masa libur Lebaran.

Selain itu, tidak kurang enam titik pelayanan mobile service disiapkan Toyota untuk melayani pemudik baik di dalam tol maupun di exit tol di Jawa Tengah. Program ini berlangsung mulai 21 Juni hingga 1 Juli 2017. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini