nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP AUTOS: Mobil Sport Mewah Jadi Kendaraan Patroli Polisi

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 30 15 1726319 top-autos-mobil-sport-mewah-jadi-kendaraan-patroli-polisi-ORZ8QpWaKo.jpg Mobil Polisi (Thetelegraph)

VIENNA - Austria sudah menggunakan mobil Porsche untuk kendaraan patroli polisi di jalan raya sejak 1960-an. Sampai sekarang tradisi tersebut masih tetap dijaga. Belum lama ini, Porsche telah mengirim 911 Carrera baru yang akan digunakan oleh polisi Austria di jalan raya dan menangani pelanggar lalu lintas.

"Kemitraan kami dengan kepolisian merupakan tradisi yang panjang. Pada tahun 1960-an dan 70-an, tidak biasa melihat sebuah mobil Porsche sebagai mobil polisi dengan lampu biru yang berkedip-kedip. Pada tahun 2006, Kementerian Dalam Negeri menerima sebuah Porsche 911 digunakan untuk perpolisian jalan tol," kata Direktur Porsche Austria, Helmut Eggert.

Sama seperti mobil polisi lalu lintas pada umumnya, mobil berkarakter sport itu sudah dilengkapi dengan lampu sirine berwana biru di atapnya. Untuk menyamakannya dengan mobil polisi lain, tubuh 911 Carrera di cat silver lalu dikombinasikan dengan warna biru dan merah. Tidak ketinggalan sebuah radio panggil yang menempel di dasbornya.

Porsche 911 Carrera menggunakan mesin berkapasitas 3 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 365 hp dan torsi puncak 450 nm. Mesin dihubungkan ke roda belakang melalui transmisi manual atau double clutch. Akselerasinya dari 0 sampai 100 km/jam mampu diraih hanya dalam 4,6 detik untuk mencapai 100 km/jam.

Selain Austria ada juga beberapa negara yang menggunakan mobil sport. Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), memiliki koleksi mobil-mobil dinas supercepat. Dengan dikoleksinya Bugatti Veyron, kepolisian Dubai memilik mobil patroli tercepat di dunia.

Mobil-mobil lain yang memperkuat armada kepolisian Dubai adalah Aston Martin One-77, Audi R8, Bentley Continental GT, BMW i8, BMW M6, Mercedes Benz G63 AMG-Brabus, Bugatti Veyron, Chevrolet Camaro, Ferrari FF, Ford Mustang modifikasi, Lamborghini Aventador, Lexus RC F, McLaren MP4-12C, Mercedes Benz SLS AMG, Nissan GT-R, dan Porsche Panamera S E-Hybrid.

Ada juga Lamborghini Gallardo LP560-4 yang dimiliki kepolisian Italia. Namun mobil itu digunakan untuk kampanye-kampanye keselamatan. Kepolisian nasional Prancis, menggunakan Bugatti Chiron Gendarmarie Nationale. Hypercar itu resmi digunakan petugas pada 1 April 2017.

Chiron ditenagai dengan mesin 8 liter berkonfigurasi W16 dengan empat turbocharger berukuran besar. Mesin mampu meletupkan tenaga 1.479 hp dengan torsi 1.180 nm pada 6.000 rpm. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini