nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lamborghini, Ferrari, & Rolls-Royce Hasil Sitaan Dilelang

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 10:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 07 15 1730709 lamborghini-ferrari-rolls-royce-hasil-sitaan-dilelang-cb4r41RoU9.jpg Bea Cukai Thailand melelang 300 mobil mewah yang diimpor secara ilegal (Foto: AFP)

BANGKOK - Bea Cukai Thailand melelang ratusan mobil mewah hasil sitaan pada Kamis 6 Juli 2017. Puluhan unit di antaranya merupakan supercar seperti Lamborghini, McLaren, dan Ferrari.

Mobil-mobil itu masuk ke Thailand secara ilegal dalam beberapa pekan terakhir, baik hasil curian, pasar gelap, serta praktik permainan oknum diler dan pejabat pemerintahan untuk menghindari pajak kendaraan mewah. Thailand memberlakukan pajak 300 persen bagi mobil-mobil mewah, termasuk supercar.

Namun mobil hasil curian tidak dilelang, melainkan akan dikembalikan ke negara-negara asalnya. Ada 95 unit mobil yang diketahui merupakan hasil pencurian.

Sebelumnya Kepolisian Thailand mendapat informasi dari mitranya di Inggris bahwa ada puluhan mobil hasil curian yang diekspor. Mendapat laporan itu petugas langsung melakukan penelusuran dan mendapati mobil-mobil tersebut masuk dalam daftar kendaraan yang diimpor secara ilegal.

"Ketika kami telusuri diketahui mobil-mobil itu merupakan hasil pencurian di negaranya. Lalu kami hapuskan dari daftar barang yang dilelang," kata Deputi Juru Bicara Bea Cukai Thailand Kreecha Kirdsriphan, seperti dikutip dari AFP.

Selain dari Inggris, mobil hasil curian itu datang dari Malaysia, Singapura, dan Jepang. Negara-negara itu menerapkan sistem setir kanan.

Mobil yang dihapus dari daftar lelang di antaranya McLaren 650S yang sedianya dijual dengan harga pembukaan 30 juta baht atau sekira Rp11,6 miliar.

Sementara mobil-mobil yang dilelang di antaranya Lamborghini, Ferrari, Aston Martin, serta mobil supermewah Rolls-Royce dan Bentley. Bea Cukai Thailand menargetkan pendapatan sebesar USD14,6 juta atau sekira Rp192 miliar dari lelang sekira 300 unit mobil mewah. Satu unit Rolls-Royce Phantom terjual dengan harga USD385 ribu atau sekira Rp5 miliar.

Mobil termahal yang dilelang adalah Ferrari California yang dijual dengan harga pembukaan 20,6 juta baht atau sekira Rp8 miliar. Namun karena harganya jauh di atas standar, kuda jingkrak itu luput dari penawaran. Padahal harga dasar mobil itu hanya sekira Rp3 miliar.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini