nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Perbedaan Honda CR-V dan Nissan X-Trail

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 08 Juli 2017 09:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 07 15 1731479 mengulik-perbedaan-honda-cr-v-dan-nissan-x-trail-1PiUcJQui9.jpg Honda CR-V (Okezone)

JAKARTA - Honda CR-V dan Nissan X-Trail merupakan dua sport utility vehicle (SUV) yang menjadi salah satu penyumbang penjualan positif bagi PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Mengingat keduanya saling bersaing dalam memperebutkan pelanggan, maka cukup menarik untuk diulas.

Honda CR-V baru saja meluncur pada April 2017. Berbeda dengan generasi terdahulu, CR-V terbaru memiliki penampilan yang baru baik dari segi eksterior, interior, bahkan mesinnya diberi perangkat turbo.

Generasi kelima CR-V ini mengusung desain baru yang didukung mesin berkapasitas 1,5 liter, 4 silinder segaris, dan 16 katup VTEC Turbo. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sekuat 187 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 240 nm pada rentang 2.000-5.000 rpm. Honda juga menawarkan mesin yang lebih besar yakni 2 liter 4 silinder segaris, 16 katup,  tanpa turbo. Tenaganya justru di bawah 1,5 liter turbo yaitu 151 hp pada 6.500 rpm dengan torsi 189 nm pada 4.300 rpm.

Sementara itu perubahan tampilan pada SUV yang pertama kali meluncur di Amerika Serikat (AS) ini meliputi desain baru pada lampu depan, lampu kabut, dan lampu senja yang sudah menggunakan LED. Mobil juga dilengkapi dengan daytime running light (DRL) LED. Selain itu, ada tailgate spoiler baru serta dual-exhaust pipe dan finisher.

Di bagian samping semakin menawan dengan penggunaan pelek alloy 18 inci berdesain agresif. Mobil ini dilengkapi dengan panoramic sunroof. Ruang kabin CR-V varian 1,5 liter lebih lapang dan tersedia bangku baris ketiga dengan kemampuan menampung hingga tujuh penumpang di kabin. Sistem audio video dilengkapi layar sentuh 9 inci serta nanoe system yang berfungsi untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Sementara itu pesaingnya Nissan X-Trail belum mengalami pembaruan. Terakhir kali NMI melakukan menyegarkan tampang SUV-nya itu pada 2014. Sebenarnya versi facelift-nya sudah meluncur pada September 2016 di pameran Miami International Auto Show di AS. NMI mengungkap belum berencana mendatangkannya dalam waktu dekat ke pasar Indonesia.

Jika mengacu pada X-Trail yang dipasarkan di AS, mobil ini menggunakan grille berdesain V-motion serta foglamp baru yang mengikuti desain bumper. Di belakang lampu menggunakan LED dan diberi pemanis berbahan krom di bumper dan bagasi.

Bagian kabin juga tampak segar dengan setir D-shaped, pelapis kulit model baru pada dinding pintu, instrument cluster, dan konsol tengah.

Untuk jantung penggeraknya tetap ditawarkan dalam pilihan mesin bensin 4 silinder, 2,5 liter yang menghasilkan tenaga 170 hp, dan torsi 237 nm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi otomatis.

Bila dikomparasi antara tenaga yang dihasilkan mesin CR-V 1,5 turbo dengan X-Trail 2,5 liter jelas sekali terlihat bedanya. CR-V lebih unggul, meski hanya terpaut tipis sebesar 17 hp saja.

Selain Honda CR-V dan Nissan X-Trail, akan ada satu model baru lagi yang akan bersaing di pasar SUV yaitu Mazda CX-5. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) berencana meluncurkannya di Indonesia bulan ini. CX-5 melakukan debut perdana di Los Angeles Auto Show 2016. Desain eksterior dan interior CX-5 mengalami pembaruan.

Di pasar AS, Mazda masih mengandalkan mesin lama yaitu dua unit bensin SkyActiv-G di 2,0 dan 2,5 liter, serta satu diesel SkyActiv-D 2,2 liter. Mesin akan dipasangkan ke transmisi otomatis atau manual enam percepatan dengan i-Activ AWD sebagai pilihan. (san)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini