Share

Ford Mustang "Berjubah" Mobil Balap Cuma Ada 77 Unit

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 08 Juli 2017 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 15 1731484 ford-mustang-berjubah-mobil-balap-cuma-ada-77-unit-S2dUTuyhhb.jpg Ford Mustang Bathurst (Carscoops)

SYDNEY - Perusahaan tuning asal Australia, Tickford, memperkenalkan Ford Mustang edisi terbatas. Supercar ini dirancang untuk memperingati kemenangan Ford di ajang balap mobil Bathurst 1000. Pada 1977, lewat dua pembalapnya Allan Moffat dan Colin Bond berhasil menyentuh garis finis dengan mobil XC Falcon.

Empat puluh tahun berlalu, Tickford ingin mengenang keberhasilan pembalap Ford tersebut. Upaya yang dilakukannya yaitu membuat Mustang berjubah balap, dengan tampilan luar mirip seperti XC Falcon saat digunakan oleh kedua pembalap legendaris itu.

Hanya diproduksi 77 unit saja, bodi mobil dibalut dengan cat putih kemudian dipadu dengan warna hitam, biru, dan merah. Selain itu, turut ditambahkan satu set pelek 20 inci dan supercharger berperforma tinggi untuk melengkapi mesin V8 berkapasitas 5 liter. Sayang tenaga yang dihasilkan mesin tidak dibeberkan.

Melihat Ford Mustang yang telah menjalani modifikasi mirip tunggangannya di trek balap, Allan Moffat mengungkapkan rasa gembiranya.

"Tim di Tickford telah melakukan pekerjaan yang sangat sempurna dengan insiprasi dari Hardtop XC 1977 saya. Sementara XC Falcon telah dimasukkan ke dalam buku sejarah.

Mustang selalu menjadi salah satu mobil favorit saya untuk berpacu dan saya memiliki kesuksesan di dalamnya. Ford telah melakukan pekerjaan yang bagus dengan yang generasi yang terbaru," kata Moffat seperti dikutip dari Carscoops.

Dirinya menambahkan, apa yang dikerjakan Tickford tidak hanya sebatas merubah penampilan mobil saja tapi juga mesinnya dibuat lebih bertenaga.

"Mustang edisi terbatas tampak luar biasa. Tickford mampu menghasilkan tenaga mesin yang luar biasa dan finish di semua bagian kendaraan. Tickford sangat penting bagi industri automotif Australia. Mereka tahu apa yang harus dilakukan dan itu terlihat dalam Mustang edisi spesial ini," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini