nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ampas Whisky Bisa Jadi Bahan Bakar Mobil Lho

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 12:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 11 15 1733408 ampas-whisky-bisa-jadi-bahan-bakar-mobil-lho-2loIJ3OC83.jpg Ilmuwan Skotlandia membuat bahan bakar biofuel dari ampas proses pembuatan whisky (Reuters)

EDINBURGH - Seorang ilmuwan asal Skotlandia membuktikan bahwa mobil bisa berjalan menggunakan bahan bakar campuran dari sisa proses pembuatan whisky.

Di bawah naungan perusahaan Celtic Renewables, ilmuwan bernama Martin Tangney itu mengembangkan sebuah proses pembuatan biofuel biobutanol dari ampas atau cairan ragi sisa pembuatan whisky.

Pria yang juga menjabat sebagai Presiden Celtic Renewables serta Direktur Pusat Penelitian Universitas Edinburgh Napier itu mengatakan, inspirasinya melakukan penelitian pembuatan biofuel biuobutanol berasal dari keinginannya untuk memanfaatkan sisa-sisa atau ampas sisa industri.

Menurut dia, inovasinya itu sangat menguntungkan karena mampu menekan ongkos produksi hingga 70 persen dalam pembuatan bahan bakar.

"Apa yang saya perbuat merupakan sebuah inovasi bisnis seperti juga inovasti teknik,” kata Tangney seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/7/2017).

Untuk membuktikan keandalan hasil temuan itu, Tangney menggunakan biofuel biobutanol pada mobil yang dikendarainya sehari-hari yakni Ford Fiesta.

Celtic bisa mendapatkan bahan bakunya dengan sangat murah atau bahkan gratis dari tempat penyulingan whisky. Ini merupakan hubungan saling menguntungkan antara Celtic dan perusahaan whisky. Pasalnya perusahaan bisa menghemat hingga 300 ribu poundsterling atau sekira Rp5 miliar per tahun untuk biaya pembuangan residu.

Biobutanol juga memiliki kelebihan dibandingkan biofuel lainnya. Cairan ini juga bisa dicampurkan ke mobil berbahan bakar bensin dengan komposisi 15 persen tanpa harus melakukan modifikasi mesin.

Dengan bantuan dana sebesar 9 juta poundsterling dari Pemerintah Skotlandia dan investor, Celtic berencana membangun pabrik pada 2018. Kapasitas produksinya mencapai 500 ribu liter biofuel biobutanol per tahun.

Ia yakin dengan prospek bisnis biofuel ini karena ketersediaan bahan bakunya di Skotlandia sangat melimpah. Ketersediaan bahan baku di negara itu sanggup menghasilkan 50 juta liter biofuel per tahun.

"Industri whisky akan menemukan cara untuk mendaur ulang residu mereka. Ditrambah lagi dari situ kami bisa menciptakan industri baru dari sesuatu yang tidak bernilai sama sekali," pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini