13,4 Juta Mobil Terjual di China, Kendaraan Listrik Jadi Primadona

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 12 15 1734256 13-4-juta-mobil-terjual-di-china-kendaraan-listrik-jadi-primadona-ytmZkvBw4M.jpg (Foto: Reuters)

BEIJING - Data Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) mengungkap penjualan mobil di China pada periode Januari-Juni 2017 naik 3,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni menjadi 13,4 juta unit. Angka ini masih menjadikan China sebagai pasar automotif terbesar di dunia. Demikian dikutip dari Reuters, Rabu (12/7/2017).

Sementara itu pada Juni saja, penjualan mobil mencapai 2,17 juta unit atau naik 4,5 persen dibandingkan bulan yang sama 2016. Kenaikan penjualan ini dipicu oleh gencarnya program diskon yang dilakukan para pelaku bisnis.

Meski demikian, pertumbuhan penjualan mobil di China pada paruh pertama tahun ini masih di bawah perolehan tahun lalu yang mencapai 13,7 persen. Pemicunya pemberian insentif pajak terutama untuk kendaraan bermesin kecil dan mobil listrik.

Analis Automotive Foresight, Yale Zhang, memprediksi pertumbuhan penjualan mobil di China pada tahun ini hanya 1-4 persen. Hal ini karena masyarakat sudah membelanjakan uang mereka untuk membeli mobil pada tahun lalu, sehingga pertumbuhannya pada tahun ini hanya sedikit. Angka Automotive Foresight bahkan di bawah prediksi CAAM yang mematok pertumbuhan 5 persen pada tahun ini.

Namun angka pertumbuhan penjualan pada Juni seolah membawa angin segar. Pasalnya pada April dan Mei, penjualan mobil di China justru turun masing-masing 2,2 dan 0,1 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Kontribusi pertumbuhan penjualan yang tinggi pada Juni disumbang oleh produk kendaraan listrik yang masuk kategori new energy vehicle (NEV) yakni mencapai 33 persen atau 59 ribu unit. Meski secara volume masih kecil dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional, namun tren kenaikan ini diprediksi akan terus terjadi di tahun-tahun mendatang. Apalagi pemain di segmen mobil listrik terus bertambah, termasuk di dalamnya produsen mobil global.

Jika ditotal selama paruh pertama 2017, penjualan mobil listrik di China mencapai 195 ribu unit atau naik 14,4 persen. Angka tersebut menjadikan China sebagai pasar mobil listrik terbesar di dunia. Pemerintah memang memberikan perhatian besar untuk kendaraan ramah lingkungan. Dana miliaran dolar digelontorkan untuk memberikan subsidi pembelian mobil listrik, dengan tujuan mengurangi polusi udara.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini