nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Zebra Cross 3 Dimensi Dibuat untuk Lindungi Pejalan Kaki

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 12:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 12 15 1734286 unik-zebra-cross-3-dimensi-dibuat-untuk-lindungi-pejalan-kaki-q41ytaumIO.jpg Zebra cross tiga dimensi di China (News.cn)

CHENGDU - Cara kreatif dilakukan kepolisian di Chengdu, China, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas melibatkan pejalan kaki, yakni dengan membuat zebra cross tiga dimensi.

Di dekat persimpangan-persimpangan jalan perkotaan di barat daya Chengdu, polisi membuat zebra cross tiga dimensi. Garis-garis itu dibuat seolah-olah menojol ke permukaan jalan sehingga menarik perhatian pengendara untuk memperlambat laju karena dianggap sebagai polisi tidur. Untuk membuatnya lebih hidup polisi menggunakan beberapa warna, selain putih juga ditambahkan kuning dan biru.

"Setelah kami membuat ini, banyak pengemudi yang memperlambat laju kendaraan mereka dan memberi kesempatan bagi pejalan kaki untuk menyeberang," kata Yuan, seorang polisi lalu lintas setempat, seperti dikutip dari Kantor Berita Xinhua, Rabu (12/7/2017).

Tingkat kesadaran pengguna jalan maupun pejalan kaki di Chengdu masih kurang. Pengendara masih saja melajukan kendaraan meski melintasi zebra cross. Demikian pula dengan pejalan kaki yang nekat menyeberang meski lampu tanda menyeberang masih merah.

Kementerian Keamanan Publik menyebut 3.898 orang tewas di seluruh China dalam 14 ribu kasus kecelakaan di berbagai lokasi penyeberangan dalam tiga tahun terakhir.

Untuk mengurangi angka kecelakaan, beberapa kota di China memasang pemindai wajah di penyeberangan-penyeberangan jalan untuk mengidentifikasi pejalan kaki yang nekat menyeberang meski lampu merah. Polisi juga berjanji memberikan hukuman pengemudi yang tidak mau memberi kesempatan pejalan kaki menyeberang di zebra cross.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini