nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Mobil Wuling, Auto2000: Masing-Masing Punya Celah

Anton Suhartono, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 07:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 15 15 1737257 ada-mobil-wuling-auto2000-masing-masing-punya-celah-1fIs6GtvmV.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Segmen kendaraan low MPV akan kedatangan pemain baru, yakni Wuling Confero S. Akankah produk terbaru ini akan menggoyang pasar segmen mobil keluarga?

Auto2000 sebagai diler mobil Toyota menganggap kedatangan produk baru merupakan hal biasa dalam persaingan. Namun sebagai ujung tombak yang bersinggungan langsung dengan konsumen, diler akan tetap dan meningkatkan menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk Toyota.

"Pada prinsipnya Auto2000 selalu melihat bahwa apa yang sudah kami lakukan terhadap customer. Kemudian customer secara rasional akan mempertimbangkan berbagai aspek. Karena itu kompetisi merupakan hal wajar. Kedatangan kompetitor baru, kedatangan produk baru, itu wajar-wajar saja. Tetapi Auto200 tetap berbenah, ada kompetisi baru atau tidak, terus berbenah. Dengan adanya kompetitor tentu kami lebih di-trigger lagi untuk bisa menangani customer dengan lebih baik,” ungkap Chief Marketing Auto2000, Martogi Siahaan.

Soal kompetitor akan memasarkan produknya dengan harga murah, lanjut Martogi, hal itu kembali lagi kepada konsumen yang memilih. Setiap level harga akan ada peminatnya masing-masing. Dia yakin besaran harga akan menciptakan celah pasar baru.

"Harga itu kan menjadi relatif, handphone ada harga murah dan mahal. Contohnya lagi ada sepatu murah dan mahal, bisa dibeli online oleh anak-anak muda. Masing-masing punya pasar sendiri," ungkapnya.

Lebih lanjut Martogi menilai, konsumen tidak akan main-main dalam menginvestasikan uangnya dalam membeli mobil. Karena hal ini juga berhubungan dengan harga jual kembali dan yang tidak kalah pentingnya adalah di segmen MPV kenyamanan dalam menggunakan kendaraan bersama keluarga merupakan kunci.

Ia memprediksi bisa saja pasar low MPV akan membesar seiring kedatangan pemain baru dalam waktu dekat ini. Namun hal itu tidak akan lama. Umumnya ketika ada model baru, pasar akan meningkat namun setelah itu kembali lagi ke titik semula. 

"Bisa saja sementara waktu membesar. Biasanya kalau ada produk baru biasanya market di situ membesar baru kemudian equilibrium baru lagi, begitu kan. Masing-masing punya celahnya lagi dan rasionalisasi market itu terjadi," pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini