nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tata Motors Gagal Wujudkan Mobil Sport

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 08:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 16 15 1737663 tata-motors-gagal-wujudkan-mobil-sport-NoMndDXNm8.jpg Tata Racemo (Indianautosblog)

MUMBAI - Divisi khusus Tata Motors yang memproduksi mobil-mobil berperforma tinggi, Tamo, memperkenalkan sports car Racemo di Geneva Motor Show 2017 di Swiss pada Maret lalu. Rencananya versi produksi dari mobil tersebut akan diluncurkan di India pada 2018. Tapi menurut laporan Autocar India rencana tersebut dipastikan batal.

Perusahaan memutuskan untuk tidak lagi meneruskan proyek sports car Racemo karena terhalang biaya. Diperkirakan dana yang harus dikeluarkan perusahaan sebesar INR 250 crore atau Rp518 miliar untuk komersialisasi. Para anggota dewan Tata Motors menyatakan bila dana sebesar itu dikeluarkan sama saja pemborosan uang perusahaan. Mereka menyarankan untuk mengalihkan pendanaan ke divisi kendaraan komersial yang saat ini tengah mengalami masalah finansial.

Dengan dibatalkannnya proyek tersebut maka Racemo akan tetap menjadi mobil konsep.

Pada perkenalannnya di Swiss, Tata Motors telah mengungkapkan spesifikasi yang paling menonjol dari mobil dua pintu itu. Panjang tubuh Racemo mencapai 3.835 milimeter, lebar 1.810 mm, tinggi 1.208, jarak sumbu roda 2.430 mm, dan ground clearance 165 mm.

Bicara soal performa, Tata menyematkan mesin 1,2 liter Revotron turbocharged, 3 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan daya 190 ps dengan torsi puncak 210 nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui Automated Manual Transmission (AMT) enam percepatan. Tata mengklaim mobil sportnya itu mampu berlari dari keadaan diam sampai 100 kilometer per jam dalam waktu di bawah 6 detik.

Racemo sendiri dirancang di pusat desain Tata Motors di Turin, Italia. Ini merupakan kendaraan pertama di India yang dilengkapi teknologi konektivitas yang terhubung dengan internet. Mobil bekerja memanfaatkan fitur navigasi, informasi waktu perawatan kendaraan, serta mampu dimonitor dari jarak jauh menggunakan perangkat lunak dari Microsoft. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini