Share

Mobil Small MPV Mitsubishi Meluncur Agustus, Siapa Konsumennya?

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 17 15 1738265 mobil-small-mpv-mitsubishi-meluncur-agustus-siapa-konsumennya-gy0m9ld7kj.jpg XM Concept, mobil konsep dari small MPV Mitsubishi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Produk small MPV Mitsubishi yang akan diluncurkan ke publik pada bulan depan diyakini akan memperlebar segmen kendaraan low MPV di Indonesia. Low MPV merupakan pasar paling gemuk dalam bisnis automotif Tanah Air. Sekira 25 persen penjualan total mobil di Indonesia pada 2016 disumbang oleh jenis low MPV.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama 2016 total penjualan mobil low MPV mencapai 249.931 unit.

Pada tahun ini penjualan kendaraan low MPV diperkirakan akan meningkat lagi seiring hadirnya dua pemain baru, yakni Wuling Confero S dan produk dari Mitsubishi.

Director of Sales and Marketing Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan, sejauh ini tidak ada perubahan target produksi small MPV yakni 60 ribu unit per tahun untuk pasar domestik dan 20 ribu untuk ekspor.

"Tentunya kami mengharapkan target itu juga bisa diserap pasar dengan baik, 60 ribu unit untuk pasar domestik dan 20 ribu untuk ekspor setiap tahun. Kalau ekspor kami baru lakukan tahun depan. Tapi ini kan masih awalan. Ini juga akan bergantung dari harga dan lain hal. Kami masih bahas juga hal ini," kata Irwan, saat berkunjung ke MNC Group, di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Soal target market, lanjut Irwan, selain peminat mobil keluarga atau MPV, ada kemungkinan konsumen yang pada awalnya memilih produk satu level di atas akan turun memilih small MPV Mitsubishi. Secara finansial mereka memiliki kesanggupan membeli, tinggal apakah produk tersebut sesuai dengan ekspektasi mereka atau tidak. Sehingga tak menutup kemungkinan mobil ini akan meneror segmen lain di atasnya.

"Secara positioning kita lihat dari harga juga. Kalau konsumen yang di bawah untuk naik sepertinya tidak. Seperti konsumen LCGC tahu-tahu pilih small MPV ini, tidak seperti itu. Tapi mungkin dari atas akan turun ke bawah. Secara daya beli mereka sudah memenuhi dan biasanya juga begitu," ungkapnya.

Sayang, Irwan belum mau mengungkap kisaran harga pasti small MPV ini, termasuk berapa varian yang akan ditawarkan. Namun pada dasarnya Mitsubishi ingin merangkul sebanyak-banyak segmen secara positioning harga. Tentunya semakin banyak varian maka potensi segmen yang bisa diserap akan lebih banyak.

"Itu juga masuk jadi pertimbangan kami, tapi bertahap. Bergantung bagaimana permintaan pasarnya. Untuk peluncuran nanti mungkin variannya enggak langsung banyak. Kita lihat nanti bagaimana kondisi pasarnya seperti apa," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini