Share

Persaingan Mobil Low MPV Ketat, Gaikindo: Yang Penting Diproduksi di Indonesia

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 20 15 1740733 persaingan-mobil-low-mpv-ketat-gaikindo-yang-penting-diproduksi-di-indonesia-BkWbY3lXYW.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasar kendaraan low MPV sangat subur di Indonesia. Karena itu para agen pemegang merek (APM) mencoba peruntungan di segmen kendaraan paling gemuk ini.

Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan dua APM yang memelopori bangkitnya low MPV melalui model Avanza dan Xenia. Lalu diikuti oleh APM lain seperti Honda Prospect Motor (HPM) dengan Mobilio, Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengeluarkan Ertiga, dan Nissan Motor Indonesia (NMI) dengan Grand Livina.

Tahun ini, dua pemain baru akan ikut meramaikan pasar, yakni PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) dengan Confero S serta Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan versi produksi dari XM Concept-nya.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, persaingan merupakan hal wajar dan Gaikindo tidak mempermasalahkannya. Menurut dia, hal terpenting adalah mobil tersebut diproduksi di dalam negeri.

"Buat saya mau itu mobil Jepang, China, Korea, yang penting dia produksinya di Indonesia. Sehingga buat kami ini adalah kesempatan untuk membuka lapangan kerja, kesempatan untuk membangun industri, dan kesempatan untuk ekspor terbuka," kata Nangoi, di Jakarta, kemarin.

Ia menekankan, industri automotif Indonesia harus berkembang tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik, tapi juga ekspor. Beberapa pelaku industri automotif sudah mengekspor mobil, seperti Toyota, Daihatsu, dan Suzuki.

"Jadi kalau ada pabrikan bisa jual 200 ribu unit di Indonesia tapi semuanya impor saya kurang senang. Jadi, kalau mau bersaing di segmen manapun silakan saja, tapi kalau kami lebih senang industrinya. Oleh sebab itu ayah angkat kami adalah Kemenperin," pungkas Nangoi.

Untuk diketahui, Wuling menggarap pasar automotif nasional dengan produk perdananya, Confero S. Mobil yang akan diluncurka di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 ini diproduksi di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Untuk memenuhi produksi, Wuling menggandeng 15 supplier komponen internasional serta 20 pemasok dari dalam negeri.

Demikian halnya dengan Mitsubishi yang akan memproduksi produk small MPV-nya di pabrik Bekasi. Small MPV dengan rasa SUV ini merupakan tonggak baru bagi merek tiga berlian itu dalam menggarap pasar kendaraan penumpang di Indonesia. Pasalnya selama ini Mitsubishi lebih dikenal dengan produk kendaraan niaganya. Small MPV Mitsubishi juga akan diluncurkan ke publik internasional di ajang GIIAS, 10 Agustus mendatang.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini