nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hypercar Penerus Bugatti Chiron Bakal Pakai Motor Listrik, Kapan Meluncur?

Anton Suhartono, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 07:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 21 15 1741536 hypercar-penerus-bugatti-chiron-bakal-pakai-motor-listrik-kapan-meluncur-DnLhqXNvWP.jpg Bugatti Chiron (Foto: Reuters)

PARIS - Bugatti akan masuk ke segmen mobil listrik, namun bukan full electric. Hal ini ditegaskan bahwa generasi penerus dari hypercar Chiron akan menggunakan motor listrik.

"Elektrifikasi akan terjadi. Mobil berikutnya sudah sejak lama dikembangkan, tapi teknologi baterai dan motor listrik terus berkembang, sebagaimana juga regulasinya. Tampaknya mobil berikutnya akan menggunakan listrik meski saya kira tidak seutuhnya. Tapi elektrifikasi akan terjadi," kata Chief Executive Officer (CEO) Bugatti, Wolfgang Durheimer, seperti dikutip dari Autocar UK.

Mengganti mesin konvensional pada produk hypercar Bugatti bukan perkara mudah. Bukan hanya dari sisi teknologi, namun soal kepuasan konsumen. Karakter konsumen mobil-mobil bertenaga gahar belum tentu bisa berpindah ke listrik. Untuk itu diyakini mobil listrik Bugatti tidak akan hadir dalam waktu dekat.

Jika elektrifikasi terjadi maka Chiron bisa jadi produk terakhir Bugatti yang menggunakan mesin konvensional.

Menariknya, ada rencana dari Bugatti untuk menghadirkan model kedua Chiron sebelum generasi penerusnya diproduksi. Jika ini terjadi, maka bisa jadi produk generasi penerus Chiron tidak akan dalam waktu 20 tahun.

"Kami mengamati apa konsumen inginkan jika kami melakukan sesuatu yang berbeda, kami punya beberapa ide. Tapi kami tidak di bawah tekanan untuk memutuskannya. Produksi Chiron sendiri akan berakhir paling lambat delapan tahun lagi. Saat ini kami dalam fase pra-pengembangan, sedang menyiapkan hal teknis dan menanyakan kepada klien apa yang mereka harapkan," tambahnya.

Jika bukan mobil full electric, maka besar kemungkinan hypercar selanjutnya dari Bugatti akan bermesin hybrid yakni mengombinasikan mesin konvensional dengan motor listrik. Hal yang menjadi tantangan bagi perusahaan adalah teknologi mesin terbarunya nanti jangan sampai mengubah image performa terhadap produk Bugatti yang dikenal dengan kendaraan supercepatnya.

Bugatti Chiron dipersenjatai mesin 8 liter, berkonfigurasi W16, dengan empat turbocharger berukuran besar. Mesin mampu meletupkan tenaga 1.500 hp dengan torsi 1.180 nm pada 6.000 rpm. Akselerasi dari 0-100 kilometer per jam dapat dilahap dalam waktu 2,3 detik. Sementara kecepatan maksimumnya mencapai 417 kilometer per jam. Bugatti Chiron dibanderol dengan harga dasar sekira Rp34 miliar.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini