Penjualan Turun, General Motors Pangkas 6 Model Sedan

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 22 15 1742160 penjualan-turun-general-motors-pangkas-6-model-sedan-0gXVgje3WK.jpg Mobil Chevrolet (Carscoops)

NEW YORK - Umumnya pabrikan mobil menambah model baru sebagai upaya meningkatkan angka penjualan. Beda halnya dengan General Motors (GM) yang akan memangkas enam model sedan. Hal tersebut dilakukan karena perusahaan mencatat penjualan mobil sedan mengalami penurunan. Rencana pemangkasan akan dilakukan setelah 2020.

Dilaporkan Carscoops, saat ini perusahaaan yang bermarkas di Amerika Serikat (AS) tengah melakukan pemeriksaan mendalam terhadap enam model sedan. Keenamnya adalah Chevrolet Volt, Buick LaCrosse, Cadillac CT6, Cadillac XTS, Chevrolet Impala, dan Chevrolet Sonic. Tidak menutup kemungkinan satu atau lebih dari keenamnya batal “disuntik mati”.

Berdasarkan data penjualan mobil sedan pada semester pertama 2017, General Motors mengalami penurunan sekira 19% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara penjualan pada Juni anjlok 36% karena pelanggan di AS lebih memilih membeli mobil pikap, sport utility vehicle (SUV), dan crossover.

Menurut analis, GM mungkin harus menutup salah satu pabriknya karena berkurangnya permintaan mobil. Pabrik yang saat ini tengah diperdebatkan antara ditutup atau tidak adalah Hamtramck di Detroit. Pabrik tersebut memproduksi beberapa produk GM di antaranya Buick LaCrosse, Chevrolet Impala, Cadillac CT6, dan Chevrolet Volt.

Tahun ini, pabrik Hamtramck hanya membangun kendaraan 32% lebih sedikit daripada paruh pertama 2016, dengan jumlah produksi kurang dari 35.000 mobil. Sebagai perbandingan, dari sekian banyak pabrik GM yang ada rata-rata membangun mobil antara 200.000 dan 300.000 kendaraan setiap tahunnya.

Menurut vice president of AutoForecast Solutions Sam Fiorani, GM memiliki dua pilihan, yakni menciptakan beberapa produk baru yang inovatif untuk mengganti sedannya atau mulai menutup pabrik. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini