nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hypercar Tunggangan Floyd Mayweather Dilelang, Harganya Bakal Selangit

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 07:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 15 1742936 hypercar-tunggangan-floyd-mayweather-dilelang-harganya-bakal-selangit-ZHqQhYO9ao.jpg Koenigsegg CCXR Trevita Floyd Mayweather Jr (Instagram)

CALIFORNIA - Menjelang pertarungan antara Floyd Mayweather Jr dengan Conor McGregor pada 26 Agustus mendatang, berbagai berita mengenai keduanya santer mencuat. Tak hanya seputar aktivitas mereka dalam mempersiapkan pertandingan, namun juga sisi lain dari kehidupan pribadi.

Keduanya memiliki kesamaan dalam hal mengoleksi mobil mewah. Nah, salah satu mobil yang pernah dimiliki Mayweather yakni Koenigsegg CCXR Trevita produksi tahun 2010 akan dilelang. Mobil dengan satu-satunya dengan spesifiksi Amerika Serikat ini dibeli Mayweather dengan harga USD4,8 juta atau sekira Rp62,8 miliar (kurs saat ini).

Menariknya, pabrikan mobil cepat asal Swedia itu hanya membuat dua unit CCXR Trevita dan salah satunya, yakni produksi kedua, pernah nongkrong di garasi Mayweather. Data odometernya menunjukkan mobil ini baru digunakan sejauh 3.133 kilometer. Tak heran jika kondisinya masih sangat bagus, baik di eksterior maupun interiornya.

Mulanya, Koenigsegg ingin memproduksi tiga unit CCXR. Maklum saja, karta Trevita dalam bahas Swedia berarti 'tiga putih'. Namun karena masalah pengerjaannya yang sangat rumit, maka diputuskan hanya dua unit CCXR yang dibuat. Tingkat kesulitan yang tinggi adalah mendesain bodi berbahan serat karbon sesuai dengan lelukan kendaraan. Seperti diketahui mobil-mobil Koegnigsegg dibuat dapat memekar seperti berlian.

Selain itu mobil ini dilengkapi dengan sayap ganda di belakang yang terbuat dari bahan serat karbon serta atap hardtop yang dapat dilepas dan disimpan di dalam bagasi depan.

Jantung penggeraknya menggunakan mesin 4,8 liter, V8, dengan supercharger ganda. Mesin terbuat dari bahan aluminium yang membuat bobot mobil tetap ringan. Berat total kendaraan adalah 1.280 kilogram. Tenaga yang dihasilkan adalah 1.018 hp pada 7.000 rpm dengan torsi 1.080 nm.

Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 2,9 detik dengan kecepatan maksimum lebih dari 400 km/jam. Penggunaan keramik karbon pada rem mampu menjinakkan tenaga buas dari Koenigsegg CCXR Trevita ini. Mobil hanya butuh waktu 13 detik untuk berhenti setelah dipacu dari 0 ke 200 km/jam lalu ke 0 kembali.

Mobil ini akan dilelang oleh Mecum Auctions di ajang Monterey pada 16-19 Agustus 2017. Tak ada perkiraan harga yang disebutkan. Namun karena faktor langka dan pernah dimiliki oleh orang terkenal ada kemungkinan harganya akan melambung dibandingkan dengan saat dibeli oleh Mayweather. Diyakini CCXR Trevita ini akan menjadi mobil Koegnisegg termahal di ajang lelang.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini