nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucu! Mobil VW Kombi Ini Rebahan tapi Bisa Ngebut

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 13:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 27 15 1744908 lucu-mobil-vw-kombi-ini-rebahan-tapi-bisa-ngebut-XK6HWMUMJi.jpg Mobil VW Kombi didesain merebah tapi bisa jalan (Barcroft)

ILLINOIS - Mobil Volkswagen Kombi yang dibuat merebah ini menyita perhatian publik di ajang balap ketahanan 24 jam LeMons. Kita biasa mengenal kompetisi balap ketahanan kendaraan 24 jam LeMans di Prancis.

Namun, LeMons bisa dibilang versi parodinya. Mobil-mobil yang ikut serta diberi syarat yakni biaya pengerjaan modifikasinya tidak boleh lebih dari USD500 atau harus di bawah Rp6,5 juta. Perbedaan lainnya, kompetisi digelar di tempat berbeda. Pada 22-23 Juli, LeMons digelar di Autobahn Country Club, Joliet, Illinois, Amerika Serikat.

Pembuat mobil ini adalah Jeff Bloch, seorang mekanik sekaligus mantan polisi yang dikenal dengan kreativitasnya memodifikasi mobil sehingga tampangnya menjadi nyeleneh.

Bloch membuat VW Kombi tahun 1970 yang diberi nama Trippy Tippy Hippy Van ini terguling tapi bisa jalan. Rahasianya, di dalam tubuh VW bongsor ini ada mobil lain, yakni VW Rabbit tahun 1988.

Inspirasinya diambil dari keinginan Bloch membuat mobil yang belum pernah ada sebelumnya di dunia. Ia pun terpikirkan membuat VM Kombi miring bisa berjalan.

Diakui Bloch, pembuatan mobil ini sebenarnya menghabiskan biaya di atas USD500. Pengeluaran biaya yang melebihi aturan itu tak biasa ia hindari demi keselamatan penggunanya. Ia menambahkan beberapa perangkat sehingga memenuhi standar keselamatan.

Tubuh VW Kombi yang utuh dimasuki VW Rabbit. Dimensi kendaraan menjadi pertimbangan pria yang dijuluki Speedycop itu untuk menggunakan Rabbit. Bagian atas dan samping Rabbit dihilangkan sehingga bodi kendaraan langsung menggunakan tubuh Kombi.

Untuk meningkatkan visual pengemudi, bagian bawah Kombi yang sebenarnya menjadi bagian kanan mobil dibuat transparan dengan menggunakan bahan fiber.

Mesinnya pun diubah untuk memenuhi kebutuhan arena balap. Ia memasangkan mesin GTI berkapasitas 1,8 liter, 16 valve, yang mampu memproduksi tenaga 120 hp. Menurut Bloch, mesin itu mampu mengantarkan mobil berakselerasi dari 0-96 kilometer per jam dalam waktu 8 detik. Kecepatam maksimumnya 160 km/jam.

Trippy Tippy Hippy Van ini memang bukan mobil balap tercepat di ajang LeMons, tapi penampilannya begitu unik dan paling menyita perhatian.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini