nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucu! Royal Enfield Jadi Motor Pemadam Kebakaran

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 08:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 08 15 1752184 lucu-royal-enfield-jadi-motor-pemadam-kebakaran-yr0yHxtY5D.jpg Royal Enfield Bullte ES (Indianautosblog)

NEW DELHI - Gurugram, India terkenal dengan kota yang memiliki tingkat kemacetan lalu lintas tertinggi karena letaknya sangat berdekatan dengan ibu kota negara.

Beberapa waktu lalu muncul taksi sepeda, sekarang kota ini menyediakan sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran.

Diberitakan Times Of India, cara ini dilakukan supaya petugas pemadam kebakaran bisa menembus kemacetan dan lebih cepat menuju lokasi. Menurut salah seorang sumber, sepeda motor yang digunakan adalah Royal Enfield Bullets.

(Baca juga: Motor Royal Enfield Himalayan Tercepat Sedang Disiapkan)

Untuk menunjang kinerja petugas, bagian belakang motor ini sedikit mengalami modifikasi supaya dapat meletakkan beragam peralatan pemadam kebakaran. Adapun peralatan yang dibawa berupa tabung pemadam berwarna merah yang dapat menampung 15 liter air di dalamnya, lalu ada masker, dan lainnya.

Tahun lalu, Pemerintah Kota Mumbai pernah menguji Royal Enfield Himalayan sebagai armada pemadam kebakaran. Sepeda motor dipilih karena dapat lebih cepat sampai lokasi kebakaran ketimbang menggunakan truk yang cukup sulit untuk menembus kemacetan di jalan raya. Selain itu, dengan menggunakan sepeda motor, petugas pemadam kebakaran dapat menghemat waktu dan berpotensi dapat menyelamatkan nyawa penghuni rumah dari kebakaran lebih cepat.

Royal Enfield Bullet ES menggunakan mesin berpendingin udara silinder tunggal yang menghasilkan tenaga 19,8 bhp pada putaran 5.250 rpm dan torsi puncak 28 nm pada 4.000 rpm. Sebuah transmisi manual lima percepatan dan rantai membantu tenaga yang dihasilkan dari mesin dikirim ke roda belakang. 

(Baca juga: Modal Pede Royal Enfield Bersaing dengan Merek Jepang & Eropa di Indonesia)

Suspensi motor ini menggunakan garpu teleskopik di bagian depan dan dual-gas charged shock absorbers di bagian belakang. Sistem pengeremannya sendiri mengunakan cakram berukuran 280 milimeter di depan dan tormol 153 mm pada roda belakang. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini