nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP AUTOS: Hati-Hati! Kerusakan di Sistem Kelistrikan Bisa Bikin Mobil Terbakar

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 08 15 1752210 top-autos-hati-hati-kerusakan-di-sistem-kelistrikan-bisa-bikin-mobil-terbakar-HyJ8LaMutR.jpg Ilustrasi mobil terbakar (Foto: Emirates247)

JAKARTA - Berita peristiwa mobil terbakar di jalan tol belakangan ini marak di media massa. Seperti yang terjadi pada Senin 7 Agustus 2017 malam, sebuah Honda HR-V terbakar di tol dalam kota arah Cawang, Jakarta.

HR-V bukan tergolong mobil lama. Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia baru memperkenalkan baby CR-V ini di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Polisi mengindikasikan bahwa kebakaran terjadi disebabkan oleh korsleting di kompartemen mesin.

(Baca juga: Honda HR-V Terbakar di Tol, Ini Penyebab Api Bisa Muncul di Mobil)

Hal ini mengindikasikan bahwa kebakaran tidak hanya mengincar mobil lama, melainkan yang baru sekalipun.

Sistem kelistrikan menjadi tersangka utama setiap ada mobil yang terbakar. Tak heran, arus pendek paling mungkin menjadi penyebab munculnya api. Kasus ini tidak hanya berlaku untuk mobil, namun juga pada rumah atau bangunan.

Karena itu pemilik mobil harus selalu mengecek atau saat servis rutin jangan sungkan meminta kepada mekanik untuk memperhatikan kondisi kabel. Apalagi, mobil yang sudah mengalami penambahan aksesori yang terhubung dengan kelistrikan, seperti audio.

Ada banyak penyebab kabel bisa terkelupas sehingga bagian dalamnya bisa bersentuhan dengan benda logam di mobil. Misalnya, kabel mengalami gesekan dengan komponen mobil seperti pintu atau dengan benda lain dalam intensitas yang sering.

Selain kabel, kondisi aki juga harus terus diperhatikan. Kutub positif yang menyentuh bagian mobil berbahan logam juga dapat menyebabkan arus pendek. Karena itu sebisa mungkin gunakan kutub yang terbuat dari timah karena jika terjadi arus pendek timah akan melelah sehingga memutus arus listrik.

Mobil baru sebenarnya punya potensi kebakaran yang tidak bisa diabaikan. Meski penggunaan teknologi injeksi membuat kecil kemungkinan ada uap bensin yang terperangkap di kompartemen mesin, namun ada beberapa penyebab mobil terbakar juga patut diwaspadai.

Api bisa muncul karena kebocoran pada rangkaian sistem injeksi. Peluang terbesar, kerusakan pada seal injector yang menyemprotkan bahan bakar di ruang mesin. Bila pada saat itu ada percikan api dari komponen yang bergesekan akan berubah menjadi api.

Apabila mobil yang Anda kemudikan tiba-tiba terbakar sebaiknya jangan panik. Ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti memastikan diri Anda aman sebelum menolong orang lain, lalu selamatkan lebih dulu anak-anak. Selain itu apabila api sudah mulai membesar sebaiknya menjauh dari kendaraan dan menghubungi pihak pemadam kebakaran. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini