Debut Internasional Small MPV Xpander, Mitsubishi: Akhirnya, Bayi Kami Lahir!

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 10 15 1753471 debut-internasional-small-mpv-xpander-mitsubishi-akhirnya-bayi-kami-lahir-X5yOe2qGES.jpg MMKSI luncurkan Xpander di GIIAS 2017 (Foto: Anton/Okezone)

TANGERANG - PT Mitsubushi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai agen pemegang merek (APM) kendaraan penumpang Mitsubishi akhirnya meluncurkan small MPV pertamanya, Xpander. Peluncuran dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (10/8/2017).

"Bagi saya ini seperti kelahiran bayi. Akhirnya, bayi Mitsubishi telah lahir," kata Corporate General Manager of Design Office Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Tsunehiro Kunimoto, saat presentasi.

Kehadiran Xpander merupakan babak baru bagi Mitsubishi dalam menggarap pasar kendaraan penumpang di Indonesia. Betapa tidak, small MPV atau low MPV merupakan segmen kendaraan terbesar di pasar automotif Indonesia. Sebanyak 25-30 persen dari total penjualan kendaraan di Indonesia yakni sekira 1,05 juta unit merupakan jenis ini.

Xpander akan bersaing dengan pemain lama yang sudah eksis sejak lama, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Nissan Grand Livina.

Sebagaimana kendaraan low MPV lainnya, Xpander didesain untuk menampung tujuh orang. Bedanya, mobil ini memiliki interior lebih lapang. Di bagian eksterior, penampilan Xpander memadukan antara ketangguhan SUV dengan fungsionalitas MPV.

Di kesempatan yang sama, Chief Executive Officer (CEO) MMC, Osamu Masuko, menegaskan Xpander dirancang untuk memperluas kehadiran MMC yang kuat di pasar SUV dan kendaraan niaga ringan di Indonesia, termasuk ke segmen MPV. Tak hanya di pasar domestik tapi juga ASEAN.

"Kami ingin menjadi yang terdepan di perkembangan segmen ini dengan memperluas kehidupan konsumen kami," tutur Osamu.

Xpander diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Bekasi, Jawa Barat. Dalam setahun, MMKI memproduksi 80 ribu unit Xpander dengan perincian 60 ribu untuk pasar domestik dan 20 ribu ekspor.

Mobil ini sudah bisa dipesan di GIIAS 2017. Ada enam varian yang ditawarkan, yakni GLX, GLS, dua Exceed, serta Sport dan Ultimate. Banderolnya mulai Rp189,05 juta hingga Rp245,35 juta on the road Jakarta.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini