Meski Harganya Selangit, Penjualan Mobil Hybrid di Indonesia Mulai Bagus

Hambali, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 11 15 1754282 meski-harganya-selangit-penjualan-mobil-hybrid-di-indonesia-mulai-bagus-NAHOZdJcsa.jpg (Foto: Hambali)

TANGERANG - Mobil hybrid mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Meski volume penjualannya masih sangat kecil, namun sudah lebih baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini pun dialami Toyota Astra Motor (TAM) yang memasarkan dua model mobil hybrid yakni Camry dan Alphard.

Tak dipungkiri kendala dalam menjual mobil bermesin ganda ini adalah harganya yang masih terpaut jauh dengan versi non-hybrid. Seperti diketahui, Toyota juga memasarkan Camry dan Alphard versi non-hybrid.

Product Knowledge PT TAM Tomy Hermansyah menegaskan Toyota merupakan salah satu pelaku bisnis yang paling kencang mendorong penggunaan mobil ramah lingkungan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan target pemerintah yang mematok 20 persen mobil di Indonesia pada 2025 harus sudah menggunakan motor listrik. Namun penjualan mobil hybrid terkendala harga.

"Toyota itu justru salah satu produsen yang paling kencang mengangkat soal hybrid. Sebenarnya penjualannya cukup bagus, minat orang-orang juga bagus, cuma di Indonesia kan belum ada subsidinya seperti di luar negeri. Jadi kendalanya itu," kata Tommy, kepada Okezone, di pameran GIIAS 2017, Jumat (11/8/2017).

Masih kata Tommy, selisih yang tinggi antara mobil hybrid dengan model sejenis yang non-hybrid disebabkan mahalnya teknologi yang digunakan.

"Harapan ke depan, pemerintah lebih aware saja dengan kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan. Seperti di luar negeri, tidak hanya mobil LCGC (low cost green car) yang disubsidi tapi mobil hybrid dan ramah lingkungan lainnya juga disubsidi," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Toyota memasarkan Camry versi mesin bensin dengan banderol Rp587,8 juta, OTR Jakarta. Sedangkan versi hybrid-nya Rp779,65 juta. Sementara itu Alphard bermesin standar dipasarkan dengan harga mulai Rp904,7 juta dan versi hybridnya hampir Rp1,42 miliar.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini