nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik! Orang Indonesia Doyan Beli Mobil Varian Paling Mahal, Ini Buktinya

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 09:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 15 15 1756118 unik-orang-indonesia-doyan-beli-mobil-varian-paling-mahal-ini-buktinya-eMrR9fO2J3.jpg Lexus LS 500 (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - Pasar automotif di Indonesia bisa dibilang unik. Sebab setiap kali ada produk baru yang meluncur pasti yang banyak terjual adalah varian tertinggi. Hal yang sama juga dialami oleh Lexus Indonesia yang baru saja meluncurkan sedan termewahnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, yaitu LS 500. Sedan yang melakukan debut internasional di New York itu dipasarkan di Indonesia dalam dua tipe, yakni LS 500L dan LS 500 hL (hybrid). Namun yang paling laris adalah tipe tertinggi yaitu hybrid.

"Justru kita nambahin spesifikasi, untuk pasar Indonesia itu selalu spesifikasi yang paling tinggi yang kami masukkan. Kulitnya pun yang paling bagus. Jadi Indonesia itu spesifik enggak mau yang kelas nanggung-naggung, yang tinggi sekalian. Kita bawa LS 500," ujar Adrian Tirtadjaja, general manager Lexus Indonesia.

(Baca juga: Negara Pertama di Asia Luncurkan LS 500, Lexus Indonesia: Kita Memang Spesial)

Ia menambahkan segmen premium memang menyasar orang kaya, sehingga rata-rata mereka tidak mengejar kualitas terbaik, tidak terlalu memikirkan harga.

"Indonesia itu kan marketnya orang kaya banget. Jadi memang mereka maunya itu sesuatu yang terbaik. Jadi memang kita itu enggak mau kelas tanggung, tinggi sekalian," tambah Adrian.

Lexus Indonesia sengaja membawa serta LS 500 hybrid ke pasar Indonesia, karena selain varian tertinggi, mobil berteknologi hybrid paling memungkinkan digunakan di sini, sebab tidak membutuhkan infrastruktur khusus.

"Hybrid salah satu alternatif energi yang paling rasional saat ini. Kalau mobil listrik puluhan tahun lagi baru bisa karena kan infrastrukturnya. Tapi kalau hybrid sekarang pun ready di mana pun karena dia kan sudah memadukan mesin konvensional dengan baterai," terang Adrian.

Berdasarkan data penjualan sementara, Lexus Indonesia mencatat 50 orang sudah memesan mobil pesaing Jaguar XF dan Audi A8 itu. Kemungkinan konsumen baru akan menerima unit pada Februari 2018 karena produksinya baru dimulai di Januari.

LS 500 hybrid dibekali mesin 3,5 liter, V6, dengan Dual VVT-i dan direct injection, yang mampu menghasilkan tenaga 295 hp dan torsi puncak 350 nm. Mesin konvensional dikombinasikan dengan dua motor listrik dengan sumber tenaga berasal dari baterai lithium-ion berdaya 310 V. Jike keduanya bekerja secara bersamaan makan LS 500 hybrid mampu mengeluarkan tenaga maksimal 354 hp. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi otomatis continuously variable transmission (CVT) 10 percepatan.

Tak hanya di segmen mobil premium, peminat varian paling mahal pun mendominasi penjualan mobil reguler yakni small MPV Mitsubishi Xpander. Mitsubishi memasarkan enam varian Xpander di Indonesia dengan rentang harga Rp189 jutaan hingga Rp240 jutaan.

(Baca juga: Nih, Dampak Hadirnya Xpander & Confero S terhadap Bisnis Mobil Bekas)

Menurut pihak Mitsubishi salah satu alasan mengapa varian tertinggi Xpander, Ultimate, paling diminati adalah jeda harga dengan tipe di bawahnya tidak terlalu jauh, yakni hanya sekira Rp8 jutaan. Dengan selisih itu, konsumen lebih memilih varian termahal sekalian. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini