Belum Juga Jual C-HR, Toyota Indonesia: Kami Mau Lihat Arahan Pemerintah Kemana?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 15 1756551 belum-juga-jual-c-hr-toyota-indonesia-kami-mau-lihat-arahan-pemerintah-kemana-EWJMEj4Iiw.jpg Toyota C-HR (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - Untuk kali kedua, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperlihatkan C-HR di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pertama kali diperlihatkan pada 2015 dalam bentuk konsep dan tahun ini hadir dengan versi produksi berteknologi hybrid. Kemunculannya seakan memberikan sinyal kuat bahwa C-HR segera mengaspal di Indonesia dalam waktu dekat.

"Saya mau pastikan C-HR akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan peraturan pemerintah yang ada," ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM, Fransiscus Soerjopranoto, di Tangerang, Banten, Selasa (15/8/2017).

(Baca juga: Menakar Harga Toyota C-HR di Indonesia)

Ketika ditanya lebih lanjut soal pilihan mesin yang akan ditawarkan, pria yang akrab disapa Soerjo itu belum bisa memaparkannya secara spesifik, mengingat saat ini pihaknya tengah melakukan studi.

"Kita masih studi apa 1.200 cc turbo atau 1.800 cc hybrid. Tapi yang pasti kita tengah menerima masukan, tinggal pilihannya dua ini kita mau masukkan atau enggak. Kami masih studi di konsumen," tambahnya.

Menurutnya untuk menetapkan varian mobil mana yang akan dipasarkan di Indonesia tidak mudah, karena harus melihat beberapa aspek, tidak melulu soal volume penjualan.

"Kalau kita melihatnya secara volume susah dijawab. Kalau ditanya modelnya bagus, ya bagus. Jadi untuk menjual C-HR ini kita tidak akan memperhatikan volume. Jadi kita mau memperhatikan arahan dari pemerintah mau kemana," pungkas Soerjo.

Masuk di segmen sport utility vehicle (SUV), C-HR bersaing dengan Honda HR-V di pasar Indonesia.

C-HR adalah singkatan dari coupe high rider yang menunjukkan bahwa mobil ini menggabungkan dua segmen yaitu sedan sport (coupe) dengan SUV.

(Baca juga: Toyota C-HR Masih dalam Proses Studi untuk Masuk Pasar Indonesia)

Toyota C-HR dibangun menggunakan platform Toyota New Architecture Global (TNGA). Panjangnya mencapai 4.350 milimeter, lebar 1.795 mm, tinggi 1.550 mm, dan panjang wheelbase 2.640 mm. Sebagai perbandingan C-HR 56 mm lebih panjang dan 23 mm lebih lebar daripada Honda HR-V, tapi 55 mm lebih rendah. Sedangkan wheelbase Toyota 30 mm lebih panjang. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini