nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laris Manis, Suzuki Tambah Varian Ignis 'Tanpa Gigi'

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 20:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 15 15 1756604 laris-manis-suzuki-tambah-varian-ignis-tanpa-gigi-8ovAVIiNx7.jpg Suzuki Ignis (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - Memasuki hari keenam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan varian terbaru dari Ignis yaitu GL dengan transmisi AGS (Auto Gear Shift).

Kehadiranya melengkapi varian yang sudah dipasarkan sebelumnya seperti GL transmisi manual (MT), GX MT, dan GX AGS. Tingginya permintaan konsumen terhadap Ignis sejak meluncur perdana pada April 2017 menjadi latar belakang Suzuki menghadirkan varian baru.

(Baca juga: Kenapa Suzuki Ignis Laku di Pasaran?)

"Kalau kita bicara kenapa diluncurkan varian ini, Ignis sejak peluncurannya itu sudah mencapai penjualan 10 ribu unit. Jadi permintaannya cukup banyak sehingga kami memutuskan untuk menambah line up. Agar pilihan konsumen jadi lebih luas jadi kami luncurkan GL AGS," ujar Yulius Purwanto, head of product development SIS, di Tangerang, Banten, Selasa (15/8/2017).

Tidak ada perbedaan mencolok bila dibandingkan dengan GL MT, hanya transmisinya saja. Selebihnya fitur dan panampilan tetap sama. Namun harganya lebih mahal dari versi AGS.

"Kalau dari varian bawah (GL MT) tentu transmisinya. Di atasnya (GL AGS) dia sudah ada GX. Yang GX LED, DRL, dan lainnya. Untuk harga GL AGS Rp149,5 juta di bawahnya Rp139,5 juta on the road Jakarta. Jadi bedanya sekira Rp10 juta," jelas Yulius.

Di pasar global Suzuki Ignis bersaing dengan Renault Kwid.

Didatangkan dalam bentuk utuh dari India, Ignis dibekali mesin bensin berkode K12M, empat silinder, Variable Valve Timing (VVT) dan DOHC dengan kapasitas 1.197 cc. Mesin yang diklaim memiliki bobot ringan ini menggunakan material alumunium dan dapat menghasilkan tenaga 83 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 113 nm pada 4.200 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan.

(Baca juga: Laris Manis, Semua Jatah Suzuki Jimny untuk Indonesia Ludes)

Secara dimensi panjang tubuh Ignis mencapai 3.700 milimeter, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.595 mm. Bannya berukuran 175/65 R15 dengan pelek khusu yang memiliki desain sporty. Bodinya mengusung struktur Total Effective Control Technology sebagai pendukung keselamatan dan platform baru Heartect bermaterial high-tensile steel memungkinkan Ignis tetap andal digunakan di jalanan offroad. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini