Ternyata, Toyota C-HR Hybrid Itu 'Prius Berjubah SUV'

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 16 15 1757397 ternyata-toyota-c-hr-hybrid-itu-prius-berjubah-suv-OadsPuyAIX.jpg Toyota C-HR Hybrid (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, PT Toyota Astra Motor (TAM) memamerkan tiga mobil berteknologi hybrid, yakni dua unit Prius generasi keempat dan satu C-HR. Keduanya belum meluncur secara resmi di Indonesia, namun khusus Prius konsumen sudah dapat memesannya.

Toyota Prius dikembangkan lebih dulu dibanding C-HR Hybrid. Walaupun secara waktu berbeda, tapi teknologi dan baterai yang digunakan tetap sama. Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah bentuk bodinya saja. Bahkan Toyota menyebut C-HR sebagai Prius berjubah besar yang terlihat lebih sporty dan gagah.

"Sebenarnya bukan hanya baterai tapi teknologinya sama. Jadi sebenarnya bisa dibilang C-HR hybrid itu adalah Prius yang memakai jubah yang berbeda sehingga terlihat lebih sporty dan gagah. Secara spesifikasinya pun sama, jadi orang yang membeli C-HR Hybrid nantinya akan merasakan ini adalah Prius generasi keempat tapi dengan tampilan yang lebih atraktif," ujar Gandhi Ahimsaputra, product knowledge head TAM, belum lama ini.

Walaupun menggunakan teknologi dan baterai yang sama, namun rata-rata konsumsi bahan bakar keduanya sedikit berbeda. Hal ini wajar mengingat bentuk bodi dari keduanya berbeda.

(Baca juga: Mengapa Prius Tak Selaris Mobil Camry Hybrid di Indonesia? Ini Penjelasan Toyota)

"Mungkin yang paling gampang kita bandingkan mungkin konsumsi bahan bakarnya lebih bagus Prius dibanding C-HR Hybrid. Karena C-HR memakai jubah yang lebih berat walaupun secara teknologi dan mesin sama," jelas Gandhi.

Untuk diketahui konsumsi bahan bakar Prius mencapai 40 kilometer per liter sedangkan C-HR 34 km/liter.

Toyota C-HR merupakan kendaraan lima pintu yang dibangun menggunakan platform baru rancangan Toyota New Global Architecture (TNGA).

Panjang mobil mencapai 4.350 milimeter (mm), lebar 1.795 mm, tinggi 1.550 mm, dan wheelbase 2.640 mm. C-HR memiliki dimensi lebih panjang 56 mm dan lebih lebar 23 mm bila dibandingkan dengan Honda HR-V.

(Baca juga: Toyota Sudah Jual 1.550 Mobil Hybrid di Indonesia, Camry Paling Laris)

Toyota Prius generasi keempat diklaim lebih unggul dibandingkan pendahulunya dengan penggunaan motor listrik lebih kecil dan ringan. Selain itu, baterai memiliki kemampuan menyimpan energi lebih besar sehingga mampu meningkatkan daya jelajah kendaraan. Karena itu, mobil yang dibangun menggunakan platform TNGA ini lebih efisien bahan bakar 10 persen dari pendahulunya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini