nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siap-Siap! Deru Mesin Ganas McLaren Bakal Hilang Diganti Tenaga Listrik

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 11:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 18 15 1758184 siap-siap-deru-mesin-ganas-mclaren-bakal-hilang-diganti-tenaga-listrik-xQJoz0zWXs.jpg McLaren akan rilis hypercar bertenaga listrik (Carscoops)

LONDON - Kabar terbaru datang dari pabrikan mobil sport Inggris, McLaren. Dilaporkan oleh Autocar UK, produsen mobil cepat itu mulai melakukan elektrifikasi terhadap produknya dalam beberapa tahun mendatang. Mobil tersebut merupakan generasi ketiga Ultimate Series McLaren.

(Baca Juga: Agresif, McLaren Siapkan 15 Mobil Baru dalam 6 Tahun)

Meski demikian McLaren masih menutup rapat nama dari hypercar tersebut. Disebutkan dalam laporan tersebut bahwa mobil listrik itu akan hadir setelah dirilisnya P15 serta mobil berkapasitas tiga tempat duduk BP23. P15 terbaru akan hadir pada akhir tahun ini sedangkan BP23 menyapa pada 2018.

Disebutkan pula, mobil listrik McLaren itu nantinya akan diperkuat dengan motor listrik yang semburan tenaganya sama dengan model 675LT.

Kabar tentang rencana melakukan perubahan sistem penggerak pada jajaran kendaraan Ultimate Series McLaren sebenarnya sudah terdengar sejak Juni 2016. Namun saat itu isu yang berkembang menyebutkan bahwa model tersebut merupakan pengembangan untuk kendaraan hybrid masa depan McLaren.

(Baca Juga: Bos McLaren Ingin Setengah Mobil Produksinya Bermesin Hybrid)

Dilaporkan pula, McLaren sudah mendapat lampu hijau untuk memproduksi mobil listrik. Ini Artinya, McLaren akan menjadi merek sports car terdepan dalam menghadirkan mobil listrik, mengalahkan Ferrari, Lamborghini, maupun Porsche.

Selain mobil full electric, McLaren juga akan merilis supercar hybrid di jajaran Sport Series-nya. Mobil itu akan hadir pada 2020. Disusul kemudian dengan mobil hybrid di jajaran Super Series McLaren dalam beberapa tahun setelahnya.

Saat ini McLaren sudah memasarkan hypercar hybrid P1. Mobil pesaing Ferrari LaFerrari dan Porsche 918 ini hanya dibuat tak lebih dari 400 unit di seluruh dunia. McLaren P1 dibekali dengan mesin konvensional berkapasitas 3,8 liter, V8, twin-turbo yang dikombinasikan dengan motor listrik.

Kombinasi dari dua sistem penggerak itu mampu menghasilkan tenaga 903 hp dengan torsi hingga 663 nm. Seluruh tenaga disalurkan melalui transmisi tujuh percepatan. Akselerasi terbaik McLaren P1 dari 0-100 kilometer per jam dicapai dalam waktu kurang dari 3 detik, serta sanggup mencapai kecepatan maksimum 350 km/jam.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini