Share

Tutup GIIAS, Dirjen Kemenperin Berharap Tahun Depan Makin Banyak Mobil Ramah Lingkungan

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 20 15 1759216 tutup-giias-dirjen-kemenperin-berharap-tahun-depan-makin-banyak-mobil-ramah-lingkungan-WbOuEnwqJp.jpg BMW i3 (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - Mengusung tema “Rise of the Future Mobility”, pameran automotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, resmi ditutup. Adanya pameran tahunan ini diharapkan dapat mewakili gerak langkah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam membangun dan mengembangkan industri automotif Indonesia menjadi lebih baik ke depannya.

Dalam acara seremonial penutupan yang berlangsung Sabtu 19 Agustus 2017 malam di ICE, Tangerang, Banten, turut hadir Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementrian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan. Ia mengatakan industri automotif telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian bangsa, terutama soal penyerapan tenaga kerja.

“Industri automotif beserta seluruh pendukungnya mulai dari produksi, research and development, sales, aftersales, serta segmen perawatan telah memberikan kontribusi lapangan kerja di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa industri automotif merupakan industri prioritas yang patut dikembangkan.” katanya.

Ia juga mengimbau kepada para pelaku industri automotif di Tanah Air untuk terus menyosialisasikan dan memberikan edukasi terkait kendaraan ramah lingkungan.

“Saat ini sejumlah peserta pameran telah memamerkan produk-produk ramah lingkungan, semoga pada penyelenggaraan GIIAS selanjutnya akan semakin banyak peserta yang menghadirkan produk dari kategori tersebut," terang Putu.

Sementara itu, Rizwan Alamsjah, ketua penyelenggara GIIAS 2017, mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penyelenggaraan GIIAS tahun ini. Kehadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla pada gelaran automotif ini menunjukkan pentingnya peran GIIAS dalam menentukan arah industri automotif Indonesia ke depan.

"Tercatat lebih dari 40 kendaraan baru ditambah dengan empat world premier dari segmen kendaraan penumpang, niaga, dan mobil konsep telah diluncurkan pada gelaran GIIAS 2017. Hadirnya peluncuran kendaraan untuk pertama kalinya di dunia ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi industri automotif yang kian meningkat dan GIIAS menjadi salah satu ajang yang tepat untuk mempromosikan industri automotif Indonesia kepada dunia," katanya.

Berdasarkan data terakhir sampai Sabtu tercatat sebanyak 400 ribu orang mengunjungi pameran. Sedangkan jumlah transaksi pembelian kendaraan mencapai 17 ribu unit dari 20 merek. Masih ada 12 merek yang belum memberikan data transaksi.

Dalam acara tersebut diumumkan pula sejumlah penghargaan untuk peserta pameran GIIAS 2017.

Berikut adalah susunan pemenang untuk masing-masing kategori:

Favorite Passenger Car

Juara 1 Mistubishi Xpander

Juara 2 Honda Civic Hatchback

Juara 3 Mercedes Benz AMG GT R

Favorite Commercial Car

Juara 1 Hino Dakar Rally

Juara 2 Hyundai Xcient

Juara 3 Mitsubishi Fuso E-Canter. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini