nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sesuai Harapan, Baleno Hatchback Masuk 3 Besar Mobil Terlaris Suzuki

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 06:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 21 15 1759522 sesuai-harapan-baleno-hatchback-masuk-3-besar-mobil-terlaris-suzuki-mogUumWqyF.jpg Suzuki Baleno (Okezone)

TANGERANG - Memanfaatkan hari pertama pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pada 10 Agustus, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan hatchback terbaru yaitu Baleno. Sejak pertama kali diluncurkan Baleno mampu memikat pengunjung pameran untuk memesannya.

Berdasarkan data surat pemesanan kendaraan (SPK) per 16 Agustus, Baleno sudah dipesan sebanyak 58 unit. Menariknya, Baleno masuk dalam tiga besar produk yang paling banyak dipesan setelah Ertiga dan Ignis.

(Baca juga: 319 Mobil Suzuki Terjual dalam 6 Hari di GIIAS 2017, Ertiga Primadona)

Head of 4W Product Development SIS Harold Donnel mengatakan penerimaan Baleno sangat baik, tidak hanya di GIIAS saja, tapi di daerah lainnya.

"Ada beberapa wilayah yang dari pantauan kami lebih dari ekspektasi. Jakarta sudah meluncur minggu kemarin dan hari Jumat-Sabtu ini kami melakukan peluncuran secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia, di mana 10 wilayah utama yang kita dukung dari PT SIS menurut informasi mereka sangat excited. Contohnya seperti Surabaya, mereka menargetkan selama periode pameran itu bisa dapat 100 SPK dari hanya event tiga hari saja. Itu sangat baik sekali," kata Harold, belum lama ini.

Berdasarkan informasi yang didapat pula dari Surabaya, kata Harold, ada beberapa konsumen yang berkomentar bahwa Baleno sangat kompetitif dan value for money.

Dengan penerimaan pasar yang sangat baik terhadap Baleno, Harold memprediksi penjualannya bakal saling kejar mengejar dengan Ignis. Mengingat saat ini mobil perkotaan tersebut juga memiliki banyak penggemar, terutama di kalangan muda.

"Balap-balapan sama Ignis kami harapkan iya. Tapi artinya bukan menjadi market hathcback ini makan market-nya Ignis, tapi sama-sama tumbuh. Contoh Baleno jual 200 unit, Ignis juga 200 unit, itu menjadi mimpi kami," pungkas dia.

Pesaing terdekat honda Jazz dan Toyota Yaris ini memiliki panjang tubuh 3.995 milimeter, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm serta jarak sumbu roda 2.520 mm. SIS hanya menyediakan dua varian Baleno hatchback, yakni transmisi manual dengan harga Rp195 juta dan transmisi otomatis Rp207,5 juta. Harga tersebut on the road Jakarta.

(Baca juga: Ada Baleno, Suzuki Yakin Tidak Akan "Bertabrakan" dengan Swift)

Baleno dibangun menggunakan platform Heartect generasi terbaru. Sumber tenaganya berasal dari mesin tipe K14B 4-silinder segaris, DOHC, VVT dengan kapasitas 1.373 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 92,4 ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 nm pada 4.200 rpm. Tenaga di salurkan ke roda depan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini