Duuh, Produsen Mobil China Ini Ngebet Beli Merek Jeep meski Tak Dijual

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 15 1760283 duuh-produsen-mobil-china-ini-ngebet-beli-merek-jeep-meski-tak-dijual-Ct9o9ZI8Gi.jpg Mobil Jeep (Carscoops)

BEIJING - Perusahaan mobil asal China, Great Wall Motor Co, tertarik membeli merek Jeep dari Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Hal tersebut disampaikan oleh Wang Fengying, presiden Great Wall.

Dengan membeli merek Jeep, Great Wall bisa menjadi pemain utama mobil di segmen sport utility vehicle (SUV).

"Kami sangat tertarik dengan merek Jeep dan sudah lama menginginkan itu. Tujuan strategis kami adalah menjadi produsen SUV terbesar di dunia. Jeep sudah dikenal secara global sebagai merek SUV. Dengan begitu memungkinkan perusahaan mencapai tujuan lebih cepat dan lebih baik," kata juru bicara Great Wall, sebagaimana dikutip dari Automotive News.

(Baca juga: Wuling Punya Mobil Listrik Seharga Rp70 Juta, Ini Penampakannya)

Belum ada komentar dari pihak Jeep soal keinginan tersebut. Namun yang jelas CEO FCA Sergio Marchionne belum pernah menyampaikan pernyataan bakal menjual merek Jeep. Dia juga mengatakan pada April lalu bahwa produsen mobil itu sudah cukup kuat untuk berdiri sendiri.

Menurut analis Morgan Stanley, Adam Jones, perkiraan harga merek Jeep yaitu sekira USD33,5 miliar atau Rp450 triliun, lebih tinggi dari merek lain di grup FCA. Jika angka tersebut benar maka Great Wall tampaknya sangat percaya diri dana sebesar itu bisa terkumpul untuk membeli Jeep.

Perlu diketahui, Great Wall bukanlah perusahaan kecil, bahkan track record dalam menghasilkan keuntungan sangat baik sekali. Perusahaan mobil China tersebut juga cukup terkenal di Hong Kong dan Shanghai.

Tidak bisa dipungkiri bahwa China merupakan pasar automotif terbesar di dunia karena banyaknya industri automotif. Hal yang unik dari China yaitu jika ada perusahaan luar yang ingin membangun pabrik atau memasarkan mobil diharuskan menggandeng perusahaan lokal. Maka tak heran bila banyak produsen mobil yang meluncurkan satu produk baru yang khusus diciptakan dan dipasarkan untuk China saja.

(Baca juga: 13,4 Juta Mobil Terjual di China, Kendaraan Listrik Jadi Primadona)

Data Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) mengungkap penjualan mobil di China pada periode Januari-Juni 2017 naik 3,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni menjadi 13,4 juta unit. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini