nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantang Avanza & Xpander, Nissan Grand Livina Generasi Baru Hadir 2018?

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 12:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 22 15 1760503 tantang-avanza-xpander-nissan-grand-livina-generasi-baru-hadir-2018-6RnLK99jcz.jpg Nissan Grand Livina XV Highway Star (Sindonews)

JAKARTA - Perang di segmen mobil low multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia semakin seru dengan hadirnya dua pemain baru, yakni Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S.

Jika melihat dari penjualan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 saja, selama 11 hari pameran yakni dari 10 hingga 20 Agustus 2017, penjualan kedua model ini sangat baik. Xpander terjual sebanyak 5.218 unit dan Confero S ratusan unit. Angka tersebut belum termasuk pemesanan di berbagai daerah.

Lantas bagaimana strategi agen pemegang merek (APM) lain dalam bertarung di segmen pasar automotif paling gemuk di Indonesia ini?

Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai salah satu pemain di segmen low MPV dengan Grand Livina-nya tetap optimis produknya punya peminat.

Menurut General Manager Marketing Strategy and Product Planning NMI, Budi Nur Mukmin, penjualan Grand Livina masih tinggi dan tetap menjadi penyumbang terbesar penjualan Nissan.

(Baca Juga: Permintaan Nissan Grand Livina Terbaru Meningkat, Target 500 per Bulan)

"Kalau Grand Livina juga sekarang masih tinggi, kontribusinya masih tinggi. Kontribusi penjualan Grand Livina 40 persen dari total penjualan Nissan. Jadi kami tetap menjaga nilai kompetisi Grand Livina," kata Budi, beberapa waktu lalu.

Menghadapi persaingan yang semakin ketat ini, ia menegaskan bahwa Nissan akan memperbarui tampang Grand Livina. Namun waktunya belum bisa disebutkan secara pasti.

"Di masa depan, Grand Livina kami siapkan generasi penggantinya, pasti baru, tidak facelift lagi, langsung generasi terbaru," tegas Budi.

Menurut dia, Nissan melakukan peremajaan terakhir pada Grand Livina pada 2016. Sejak diluncurkan pertama kali, Grand Livina melakukan perubahan tampilan atau minor change setiap dua tahun sekali. Jika dilihat dari polanya, maka seharusnya Grand Livina terbaru hadir tahun depan.

"Livina pada 2016 penyegaran minor change. Kalau model year setiap dua tahun ada. Hitungan benarnya memang tahun depan," ungkapnya.

(Baca Juga: Nissan Siapkan Generasi Penerus Grand Livina, Kerja Sama dengan Mitsubishi?)

Seperti diketahui, Nissan juga sedang menyiapkan low MPV baru yang menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Namun Nisaan belum menentukan di mana posisi produk baru hasil kerja sama dua perusahaan aliansi itu, apakah di bawah atau di atas Grand Livina. Hal yang jelas saat ini keduanya bersaing di segmen yang sama yakni low MPV.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini