nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Akan Bawa C-HR Hybrid ke Indonesia, Nissan Tetap Andalkan X-Trail

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 08:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 28 15 1764939 toyota-akan-bawa-c-hr-hybrid-ke-indonesia-nissan-tetap-andalkan-x-trail-oKKrWrrYlg.jpg Nissan X-Trail Hybrid (Okezone)

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memastikan akan membawa C-HR hybrid ke Indonesia. Peluncurannya sendiri menunggu kebijakan dari pemerintah soal peraturan mobil rendah emisi. Jika jadi dipasarkan maka mobil sport utility vehicles (SUV) itu akan bersaing dengan Nissan X-Trail hybrid.

Untuk menghadapi Prius versi SUV itu, Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku APM Nissan sama sekali tidak menyiapkan strategi khusus.

(Baca juga: Indonesia Jadi Negara Kedua Kehadiran X-Trail Hybrid)

"Terus terang saya enggak bisa bicara dari sisi kompetitor. Kalau C-HR masuk enggak ada persiapan khusus, kami juga tidak tahu mereka (TAM) masukkan C-HR kapan," ujar General Manager Marketing Strategy and Product Planning NMI, Budi Nur Mukmin, belum lama ini.

Budi mengakui bahwa saat ini pasar untuk X-Trail hybrid sangat kecil. Meski begitu pihaknya masih akan terus memasarkannya di Indonesia.

"Kabar X-Trail hybrid baik-baik saja kami masih menjualnya. Memang segmennya tidak besar dan kami berharap di masa depan pemerintah segera memberikan kejelasan tentang regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) supaya mobil di segmen ramah lingkungan itu lebih besar," terang Budi.

Berdasarkan data penjualan retail, X-Trail hybrid rata-rata terjual tiga sampai empat unit sebulan. Sedangkan dari data penjualan wholesales yang dikeluarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), NMI mengirim 10 unit ke diler pada periode Januari sampai Juli 2017. Pengiriman tertinggi terjadi pada Juli sebanyak 9 unit.

Nissan X-Trail hybrid diperkenalkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Indonesia menjadi negara kedua tempat mendaratnya SUV ramah lingkungan ini setelah Jepang pada April 2015. Indonesia memiliki pasar SUV yang besar, sehingga Nissan memberanikan diri memasarkan X-Trail hybrid.

(Baca juga: Alasan Nissan Datangkan SUV X-Trail Hybrid ke Indonesia)

X-Trail hybrid dibekali mesin bensin 2 liter bertenaga 144 ps yang dikombinasikan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 41 ps. Konsumsi bensin SUV hybrid 20,6 kilometer per liter. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini