nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Akan Uji Coba 10 Kendaraan Listrik, Apa Saja Mobilnya?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 14:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 29 15 1765313 pemerintah-akan-uji-coba-10-kendaraan-listrik-apa-saja-mobilnya-nA1AOyurwN.jpg (Burduick Mitsubishi)

JAKARTA - Sebagai upaya mempercepat pembuatan rancangan mobil rendah emisi atau dikenal dengan program low carbon emission vehicle ( LCEV), pemerintah melalui kementerian perindustrian (kemenperin) dalam waktu dekat akan melakukan uji coba 10 prototipe mobil listrik. Pengujian akan dilakukan secara bertahap dengan segmen mobil berbeda-beda.

(Baca Juga: Wih, Kemenperin Akan Uji Coba 10 Prototipe Mobil Listrik)

"Jadi ceritanya itu kami mau membuat. Semua orang bicara mobil listrik tapi belum merasakan dan menggunakannya, jadi kami mau bikin kendaraan itu diuji oleh siapa saja, terus nanti kami dapat feeling-nya seperti apa. Supaya kami bisa tahu juga perawatannya, terus tingkat kesulitannya itu di mana, terus kemudian kira-kira regulasi pemerintah apalagi yang diperlukan supaya kemandirian dari kendaraaan itu semakin tinggi," ujar Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Putu menegaskan bahwa uji coba tersebut bukan berarti pihaknya akan membuat mobil listrik, melainkan sekadar mengetahui apa-apa saja yang harus dipersiapkan kedepannya.

"Jadi tujuan daripada uji itu bukan (buat mobil listrik). Uji coba itu kami mau tahu responsnya seperti apa, bisa diterima enggak. Jadi nanti kami akan buat bulan ini, kendaraannya minta yang mana untuk kami ujikan ke masyarakat. Jadi masing-masing itu biar punya feeling," terang Putu.

Sementara itu terkait 10 mobil prototipe, Putu mengatakan nantinya mobil-mobil listrik yang akan diuji berasal dari produsen mobil di Indonesia. Saat ini yang sudah ada yang menyatakan kesiapan untuk menyediakannya, yakni Mitsubishi.

(Baca Juga: iMiev, Mobil Hantu Mitsubishi)

"10 prototipe itu baru komitmen dari Mitsubishi. Mungkin yang lain akan kasih lagi bisa lebih dari itu. Pak Menteri (Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto), bilang 10 unit karena Mitsubishi sudah komitmen kasih 10 unit. Kesemuanya itu sudah dalam bentuk mobil, belum tahu apakah itu hybrid, plug in hybrid, atau atau full electric," paparnya.

Soal merek lain, lanjut dia, ada kemungkinan BMW juga menyediakan. "BMW lagi penelitian," pungkasnya.

(Baca Juga: Xpander Cuma Awalan, Selanjutnya Mitsubishi Garap Mobil Listrik)

Seperti diketahui, Mitsubishi memiliki kendaraan listrik dan sudah diperkenalkan di Indonesia. Dimulai dari mobil listrik i-MiEV yang pertama kali didatangkan pada 2007. Lalu, Mitsubishi juga memperkenalkan Outlander Sport PHEV (plug in hybrid electric vehicle) pada 2013. Mobil ini sempat akan dipasarkan di Indonesia namun terkendala aturan ban cadangan.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini