Share

Duuh! Cuma Gara-Gara Baut Roda, Ford Digugat Ratusan Konsumen

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 29 Agustus 2017 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 15 1765361 duuh-cuma-gara-gara-baut-roda-ford-digugat-ratusan-konsumen-CZSmawHZrV.jpg (Motor1)

DETROIT - Ford Motor digugat oleh ratusan konsumennya di Amerika Serikat terkait dengan baut roda yang bermasalah. Dalam dokumen tuntutan disebutkan bahwa baut roda dapat mengembang sehingga sulit dilepaskan. Akibatnya pemilik mobil terpaksa membawa ke bengkel dan harus mengeluarkan biaya tambahan.

Para konsumen yang menuntut Ford adalah pengguna model kendaraan Fusion, Escape, Flex, F-150, dan F-350.

(Baca Juga: Mengencangkan Baut Roda Mobil Tak Perlu Diinjak)

Tuntutan itu diajukan ke Kantor Pengadilan Distrik AS di Michigan pada pekan lalu mengatasnamakan para pemilik mobil Ford dengan menggunakan perantara Kantor Hukum Hagens Berman.

"Kita tidak berbicara soal teknologi canggih atau aspek komputerisasi di dunia automotif, tapi kita bicara tentang komponen yang sangat sederhana pada mobil, baut. Ford membuat baut dengan melibatkan desainer yang lebih mengutamakan penampilan ketimbang keselamatan dan secara langsung ini menyebabkan kerugian bagi konsumen," jelas Steve Berman dari Hagens Berman, seperti dikutip dari Motor1.

Baut yang dimaksud dilengkapi dengan inti baja yang dilapis krom, aluminium, dan penutup stainless. Ukuran terlalu lebar sehingga sangat dekat dengan dinding lubang pada pelek. Saat baut membengkak sulit dilepaskan menggunakan kunci biasa.

(Baca Juga: Kawasaki Recall Sportbike ZX 10R Akibat Masalah Baut)

Akibat permasalahan ini para pemilik Ford harus mengeluarkan biaya USD30 per roda hanya untuk melepasnya dari mobil. Setelah itu mereka harus membeli baut yang baru lagi.

"Pada kondisi terparah, pemilik Ford kesulitan mengganti ban pada kondisi darurat seperti di jalan yang padat, telantar tanpa bisa mengganti roda," tambah Berman.

(Baca Juga: Sulit Buka Baut Pelek Mobil, Perhatikan Lima Langkah Ini)

Sementara itu, para pemilik Ford yang menandatangani dokumen gugatan berasal dari Arizona, California, Illinois, Carolina Utara, Ohio, Tennessee, dan Virginia. Mereka menuntut ganti rugi kepada pabrikan berlogo oval biru itu.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini