nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Canggih! Ini Dia Mobil Konsep Smart Tanpa Sopir

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 18:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 31 15 1767186 canggih-ini-dia-mobil-konsep-smart-tanpa-sopir-Ad7RPBnfOt.jpg Smart Vision EQ Fortwo (Carscoops)

FRANKFURT - Jelang dibukanya pameran Frankfurt Motor Show pada 14 September 2017, Smart mengungkapkan mobil konsep terbarunya yang diberi nama Vision EQ Fortwo. Mobil konsep berukuran kecil ini merupakan hasil imajinasi Daimler AG selaku induk perusahaan dari Smart dalam menciptakan sebuah mobil perkotaan sekaligus alat transportasi umum.

Diberitakan Carscoops, Smart Vision EQ Fortwo merupakan mobil mungil bertenaga listrik dan sudah mengaplikasikan teknologi otonom (tanpa sopir). Mobil ini juga menjadi kendaraan Smart pertama yang berada dibawah merek EQ. Daimler berencana meluncurkan lebih dari sepuluh mobil listrik pada 2022, mulai dari model Smart sampai sport utility vehicle (SUV) yang berukuran besar.

(Baca juga: BMW Berencana Pamer 10 Model Berbeda di Frankfurt Motor Show, Apa Saja?)

"Smart vision EQ fortwo adalah visi kita dalam menghadapai mobilitas perkotaan masa depan, ini adalah mobil konsep dengan desain paling radikal, dan otonom sepenuhnya, dengan kemampuan komunikasi, ramah, komprehensif personalisable dan, tentu saja listrik," kata CEO Smart Annette. Winkler.

Eksterior dari mobil ini telah dilengkapi dengan layar lebar sebagai ganti grille yang bisa digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya. Pintu dilapisi dengan kaca yang dapat dibuka dengan cara digeser ke atas. Lampu depan menggunakan LED mirip seperti mata. Sementara lampu belakang bisa difungsikan sebagai sarana informasi untuk kendaraan dibelakangnya.

Masuk kebagian interior, penumpang tidak akan menemukan banyak tombol apalagi lingkar kemudi, semua fungsi yang ada di mobil bisa dikendalikan melalui perangkat smartphone. Pada dasbor terdapat layar multifungsi berukuran 24 inci yang dikelilingi oleh aksen emas.

(Baca juga: Smart ForTwo & ForFour Turut Ramaikan Pasar Mobil Listrik Mungil)

Sumber tenaga Smart vision EQ fortwo berasal dari baterai berdaya 30kWh. Saat tidak digunakan, mobil itu akan melaju sendiri menuju ke stasiun pengisian baterai.

Sebelumnya pada 2016 Smart juga pernah memperlihatkan mobil listrik-nya, ForTwo. Pada saat itu mobil masih berstatus protipe. Versi produksinya sudah dipamerkan dalam ajang Paris Motor Show, Oktober 2016. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini