nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mercedes-AMG Akan Luncurkan Hypercar Bermesin F1, Kapan?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017 20:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 01 15 1767756 mercedes-amg-akan-luncurkan-hypercar-bermesin-f1-kapan-4RmCHmfuub.jpg Mercedes Benz-AMG (Foto: Carscoops)

FRANKFURT - Mercedes-AMG baru saja menunjukkan sebuah teaser berupa video berdurasi pendek yang menampilkan Lewis Hamilton. Dalam teaser tersebut pembalap Formula One (F1) itu menjelaskan sedikit tentang Mercedes-Benz 300CE 6.0 AMG, yang merupakan salah satu mobil tercepat yang pernah perusahaan produksi.

Rupanya lewat teaser tersebut, Mercedes-AMG ingin menunjukkan bahwa pada pameran Frankfurt Motor Show 2017 yang berlangsung 14 September, pihaknya akan meluncurkan hypercar bermesin F1. Sebagaimana diberitakan Carscoops, proyek terbaru dari Mercedes-AMG itu akan menggunakan mesin berkapasitas 1,6 liter turbocharged, sama seperti mobil Mercedes F1.

(Baca juga: Manhart Rilis Mercedes Benz-AMG C63 S Coupe Bertenaga 690 Hp)

Mesin tersebut akan menajalani sedikit modifikasi untuk memastikan bisa digunakan untuk jalan raya. Selain itu untuk menjaga putaran mesin dalam satu menit sekira 11.000 rpm, dan lebih bertenaga dibanding mobil F1. Mesin pada mobil ini nantinya juga bakal dilengkapi dengan internal combustion engine (ICE). Lalu ditemani oleh sistem pemulihan tenaga yang disebut dengan motor generator unit–kinetic (MGU-K). Fungsinya untuk mengubah energi mekanik dan panas menjadi listrik. Ada juga motor generator unit–heat (MGU-H), yang berfungsi menciptakan energi listrik dari panas knalpot.

Bos Mercedes-AMG Tobias Moers mengatakan, "Kami akan memiliki empat motor listrik, satu untuk setiap roda depan, satu di poros engkol dan satu di mesin turbocharger. Kami akan menggunakan sel baterai yang sama seperti mobil F1, yang memiliki kelebihan dan keterbatasan. Tapi mobil ini mampu melaju sejauh 30 kilomater hanya dengan listrik. Target kami berat tubuh mobil 1.300 kilogram,"

Sebelumnya, pada tahun lalu pabrikan mobil asal Jerman itu juga pernah memperliatkan teaser berupa gambar siluet. Dalam pengembangan hypercar tersebut, Mercedes-AMG bekerja sama dengan produsen Lotus untuk menghasilkan mesin bertenaga gahar. Rencananya, mobil pesaing Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse dan Koenigsegg Agera R ini akan diproduksi terbatas sekira 200 sampai 300 unit untuk seluruh dunia.

(Baca juga: Wimmer Bikin Mercedes-AMG C63 S Estate Lebih Bertenaga Dibanding Ferrari F12tdf)

Meski Mercedes-AMG belum merilis harga resmi hypercar-nya, namun rumor yang berkembang, kendaraan tersebut akan dibanderol dengan harga mencapai 3 juta euro atau setara dengan Rp42 miliar. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini