Share

Punya Desain Serba Membulat, Skuter Listrik Jepang Ini Mirip Viar Q1

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 02 September 2017 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 02 15 1768027 punya-desain-serba-membulat-skuter-listrik-jepang-ini-mirip-viar-q1-VfHpJGm56M.jpg Terra Acuto (Indianautosblog)

KATHMANDU - Pada pameran NADA Auto Show di Napal, Terra Motors perusahaan asal Jepang yang memasarkan skuter listrik meluncurkan Terra Acuto.

Tampil dengan desain tubuh depan sampai belakang yang membulat seakan mengingatkan kepada skuter Viar Q1 yang dipasarkan di Indonesia. Tapi bedanya Q1 didatangkan dari China lalu dirakit di Semarang, Jawa tengah.

(Baca juga: Ini Alasan Viar Meluncurkan Skutik Listrik)

Dibanderol dengan harga NPR2,35 ribu atau Rp30 jutaan, skuter Acuto telah dibekali dengan baterai lithium ion 60V 29A dari Panasonic. Perusahaan mengklaim hanya butuh waktu 7 detik saja bagi Acuto untuk melaju dari 0 sampai 75 kilometer per jam. Sementara itu untuk daya jangkaunya sejauh 75-80 kilometer dalam keadaaan baterai terisi penuh. Dibutuhkan waktu 3,5 jam untuk mengisi ulang baterai sampai penuh.

Sebagai perbandingan, Viar Q1 sendiri dibanderol Rp16,2 juta. Skuter listrik hasil kerjasama dengan Bosch ini menggunakan sumber daya baterai tipe lithium-ion berkapasitas 60 v 20 Ah terintegrasi dengan e-Motor Bosch yang memiliki keluaran daya 800 watt. Tenaga maksimal yang dihasilkan sampai 1,5 hp. Butuh 4 sampai 5 jam untuk pengisian baterai dari kosong sampai penuh. Skutik listrik yang diproduksi di Semarang ini bisa menempuh jarak hingga 60 km dan kecepatan mencapai 60 km per jam.

(Baca juga: Dua Sepeda Motor Listrik Viar Akan Dijual di Indonesia Akhir 2016)

Skuter listrik Acutoini sudah dibekali pelek 12 inci baik pada roda depan maupun belakang. Sistem pengereman mengandalkan cakram di kedua rodanya. Fitur lain yang menarik dari skuter ini adalah keyless entry system. Instrument cluster sama seperti Q1 sudah digital. Lewat fitur tersebut pengendara bisa mengetahui kecepatan motor, hingga kondisi baterai. Sistem penerangan depan juga sama sudah mengadopsi LED hanya saja saja desainnya yang berbeda. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini