Update, Amukan Badai Harvey Rusak 1 Juta Mobil!

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 15 1769451 update-amukan-badai-harvey-rusak-1-juta-mobil-wRsUrqL31W.jpg Banjir rendam dan tenggelamkan mobil di Houston, Texas (Foto: AFP)

TEXAS - Badai Tropis Harvey memporak-porandakan Negara Bagian Texas, Amerika Serikat, sejak dua pekan terakhir. Kerugian material tidak terhitung lagi banyaknya. Selain 40 ribu rumah hancur dan ratusan ribu lainnya terendam, Badai Harvey juga merusak lebih dari 1 juta mobil. Umumnya kerusakan disebabkan terendam bahkan tenggelam.

(Baca Juga: Duuh! Garasi Ini Jadi 'Kolam Renang' bagi 2 Ferrari Akibat Badai Harvey)

Jumlah riil mobil yang rusak di seluruh wilayah terdampak badai di Texas diyakini masih terus bertambah. Angka 1 juta itu hanya di kawasan metro Houston. Houston sendiri merupakan kota keempat terbesar di AS dan menjadi salah satu pusat bisnis di Texas.

"Anda harus benar-benar punya mobil jika tinggal di Houston," kata Executive Director Transportation Advocacy Group Houston, Andrea French, seperti dikutip dari Yahoo Fianance.

Lembaga analis automotif AS, Cox Automotive, menyebut angka kerusakan 1 juta unit sangat beralasan. Dari data yang ada sebanyak 94,4 persen rumah tangga di Houston memiliki mobil. Bahkan satu keluarga di Houston bisa memiliki lebih dari 1 mobil. Jika dirata-rata, di setiap rumah terdapat 1,8 mobil.

Sementara itu Wali Kota Houston Sylvester Turner berharap sebagian besar aktivitas di kota yang dipimpinnya bisa kembali pulih setelah Hari Buruh yang tahun ini jatuh pada 4 September.

(Baca Juga: Heroik! Begini Aksi Mobil Offroad Bantu Korban Badai Harvey)

"Siapa saja yang sudah punya rencana untuk melakukan pertemuan atau rapat, event olahraga, konser, di kota ini, Anda bisa dapat datang," ungkapnya mencoba meyakinkan Houston segera pulih.

"Kami bisa melakukan banyak hal di waktu bersamaan," tegasnya lagi.

Akibat bencana Cox Automotive menurunkan prediksi penjualan mobil di AS sepanjang tahun ini yakni dari 16,6 juta menjadi 16,3 juta unit. Namun jika berkaca dari Badai Sandy yang menerjang New York pada Oktober 2012, penjualan mobil sebenarnya bisa saja kembali normal karena masyarakat yang mobilnya rusak akan membeli unit yang baru. Meski demikian proses ini membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Pasca-Badai Sandy penjualan mobil di New York baru naik 49 persen pada November 2012 dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya. Penjualan akan kembali normal atau bahkan naik bergantung pada seberapa cepat pemilik mobil mengajukan klaim asuransi dan seberapa cepat pula perusahaan memproses klaim tersebut. 

Jika prosesnya cepat maka penjualan mobil di Texas diprediksi akan kembali normal pada September atau Oktober 2017.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini