Share

Siap-Siap! Mesin Porsche Bakal Meraung Lagi di Ajang F1

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 06 September 2017 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 15 1770219 siap-siap-mesin-porsche-bakal-meraung-lagi-di-ajang-f1-iritHFWZpp.jpg (Foto: Reuters)

MONZA - Pabrikan mobil sport Jerman, Porsche, mempertimbangkan untuk kembali lagi ke arena balap Formula One (F1) sebagai supplier mesin. Hal itu disampaikan Chief Financial Officer (CFO) Porsche, Lutz Meschke, kemarin. Terakhir, Porsche berperan sebagai supplier mesin di F1 pada musim 1999.

Disebutkannya, rencana tersebut akan direalisasikan setelah penyelenggara mengumumkan regulasi baru pada 2021.

(Baca Juga: Porsche 911 GT2 RS Lebih Bertenaga dari yang Pernah Diproduksi)

Sebelumnya Porsche memutuskan menghentikan keikutsertaannya dalam ajang balap ketahanan Le Mans 24 Hours di Prancis meski berjaya di beberapa kategori. Sebagai gantinya, perusahaan yang bernaung di bawah Volkswagen Group itu akan mengikuti ajang adu cepat mobil listrik Formula E mulai musim 2019.

(Baca Juga: Porsche Berambisi Ingin Cepat Beralih ke Mobil Listrik)

Sementara itu perwakilan dari Porsche sudah mengikuti beberapa kali pertemuan terkait dengan regulasi baru grand prix 2021. Akan ada perubahan standar mesin dari yang digunakan pada balapan saat ini, yakni berkapasitas 1,6 liter, V6, turbo hybrid.

"F1 bisa menjadi tempat yang pas," kata Meschke, seperti dikutip dari Motorsport.

Ditambahkannya ada dua ajang balap yang menjadi perhatian perusahaan saat ini, selain Formula E ada juga F1.

"Seperti Anda tahu bahwa Formula E sangat penting bagi kami sekarang dan F1 menjadi topik yang penting untuk dipikirkan. Menurut saya kami sudah melakukan pembicaraan yang bagus terkait dengan penggunaan mesin baru (regulasi)," ungkapnya.

(Baca Juga: Alasan Porsche Datangkan Supercar Hybrid ke Indonesia)

Ia menegaskan, keikutsertaannya hanya sebatas sebagai supplier mesin bukan mengirim tim pabrikan, seperti dilakukan Mercedes Benz, Ferrari, dan Renault.

Saat ini ajang F1 diikuti oleh empat produsen automotif yang juga menyuplai mesin dan tim, yakni Mercedes Benz, Ferrari, Renault serta duet Honda dan McLaren.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini