nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Merek Mobil Kenamaan Absen di Frankfurt Motor Show, Ada Apa?

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 11:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 06 15 1770263 9-merek-mobil-kenamaan-absen-di-frankfurt-motor-show-ada-apa-A6yqJsSIDF.jpg Suasana Frankfurt Motor Show 2015 (Motor1)

FRANKFURT - Pameran automotif bergengsi Frankfurt Motor Show 2017 akan digelar pada 14-24 September 2017. Tahun ini, sembilan merek mobil kenamaan dunia sudah memastikan diri absen.

Frankfurt merupakan salah satu pameran automotif paling bergengsi, tidak hanya di Eropa namun juga dunia. Pameran automotif Eropa lain yang juga menjadi tolak ukur industri automotif dunia adalah Geneve dan Paris Motor Show.

Namun karena pameran automotif ini digelar di Jerman, maka tidak ada satu pun merek kendaraan yang absen berasal dari negara itu. Sembilan merek yang absen tersebut adalah Alfa Romeo (Italia), DS (Prancis), Fiat (Italia), Infiniti (Jepang), Jeep (Amerika Serikat), Mitsubishi (Jepang), Nissan (Jepang), Peugeot (Prancis), dan Volvo (Swedia).

(Baca Juga: Memanfaatkan Frankfurt Motor Show, Produsen Mobil Mewah Ini akan Pamer Kendaraan Listrik)

Ketidakhadiran merek-merek tersebut punya dampak yang tidak bisa dianggap enteng, tak hanya bagi pameran secara langsung tapi juga pasar automotif. Pasalnya, sembilan merek itu menguasai 20 persen penjualan mobil baru di Eropa.

Sementara itu penyelenggara Frankfurt Motor Show yakni asosiasi produsen kendaraan Jerman menghormati keputusan sembilan merek itu yang memilih absen.

(Baca Juga: BMW Berencana Pamer 10 Model Berbeda di Frankfurt Motor Show, Apa Saja?)

"Kami menghormati ketika ada peserta tidak ikut serta di Frankfurt kali ini. Alasan mereka beragam dan setiap perusahaan punya alasan spesifik. Tapi pada umumnya terkait dengan alasan keuangan dan kebijakan perusahaan," terang Klaus Branig, managing director asosiasi industri kendaraan Jerman, seperti dikutip dari Motor1, Rabu (6/9/2017).

Sementara itu dari sembilan merek ada yang sudah absen sejak beberapa tahun lalu yakni Volvo. Sejak 2014, Volvo mengumumkan kebijakan baru soal keikutsertaannya di pameran automotif dunia. Pabrikan mobil premium Swedia itu memutuskan hanya akan mengikuti tiga pameran besar dunia, yakni di Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Selebihnya, Volvo mengubah strategi kampanye produknya yakni melalui digital.

Dua pameran automotif besar Eropa yakni Frankfurt dan Paris Motor Show digelar setiap dua tahun sekali di bulan September. Tahun 2017 giliran Frankfurt Motor Show.

Pada 2016, beberapa merek juga absen di Paris Motor Show yakni Ford, Rolls-Royce, Aston Martin, Volvo, dan Lamborghini.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini