nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wuih, Mobil Listrik Ini Mampu Berjalan Sejauh 400 Km

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 18:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 06 15 1770663 wuih-mobil-listrik-ini-mampu-berjalan-sejauh-400-km-b6Ltbjw5Y5.jpg Nissan Leaf (Carscoops)

YOKOHAMA - Nissan secara resmi memperkenalkan Leaf terbaru di Jepang. Recananya model tersebut akan tampil untuk pertama kali di hadapan publik bersamaan dengan ajang Frankfurt Motor Show 2017, pada 12 Swptember. Setelah itu akan dilanjutkan ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan sebagainya.

Digerakkan oleh motor listrik, mobil yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing Tesla Model 3 itu dibekali baterai lithium-ion berdaya 40 kWh. Motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 147 hp dan torsi puncak 236 lb-ft.

(Baca juga: Nissan Leaf Terbaru Bisa Parkir Sendiri)

Berdasarkan uji jalan yang sudah dilakukan Nissan Amerika, mobil jenis hatchback ini mampu melaju sejauh 241 kilometer. Sementera itu hasil pengujian JC08 Jepang, Leaf memiliki jangkauan tempuh 400 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Seperti diberitakan Carscoops, butuh waktu sekira 16 jam untuk mengisi baterai dalam keadaan kosong hingga penuh dengan listrik berdaya 3 kilowatt, dan 8 jam jika menggunakan listrik dengan daya 6kW. Selain itu ada juga alat pengisian cepat yang memungkinkan baterai terisi sekira 80% dalam waktu 40 menit.

Seperti yang telah dibocorkan sebelumnya, bahwa mobil ramah lingkungan andalan Nissan ini akan mengadopsi sejumlah teknologi canggih yang tidak ada di model sebelumnya.

Salah satu fitur canggih yang dimilikinya adalah ProPILOT Park. Bila fitur tersebut diaktifkan maka lingkar kemudi, akselerasi, pengereman dan lainnya akan bergerak secara otomatis. Lewat fitur ini, memungkinkan pengemudi tidak perlu repot memarkir kendaraan di area parkir paralel.

(Baca juga: Meski Punya Kendaraan Hybrid, Nissan Indonesia Ingin Langsung ke Mobil Listrik)

Hiroto Saikawa, presiden dan chief executive officer Nissan mengatakan, "Nissan Leaf terbaru memiliki jarak tempuh lebih baik dan berpadu dengan evolusi teknologi otonom, seperti ProPILOT Park, serta pengoperasian e-Pedal yang mudah, memperkuat kepemimpinan Nissan pada mobil listrik dan perluasan pasar mobil listrik di seluruh dunia," (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini