nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Mobil Futuristik di Frankfurt, Ada yang Bisa Nyetir Sendiri (1)

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 16 15 1777257 10-mobil-futuristik-di-frankfurt-ada-yang-bisa-nyetir-sendiri-GrI4aNnOTr.jpg BMW i Vision Dynamics (Carscoops)

FRANKFURT - Frankfurt Motor Show (FMS) 2017 menjadi salah satu pameran automotif yang paling ditunggu-tunggu oleh produsen mobil di seluruh dunia. Pasalnya di ajang tersebut kerap dimanfaatkan oleh mereka untuk menunjukkan produk baru dan unggulan. Di samping itu ada juga yang menampilkan kendaraan konsep sebagai cikal bakal mobil masa depan.

Bukan sembarang konsep, rata-rata produsen membuat mobil masa depannya itu dengan desain futuristik. Berikut 10 mobil futuristik yang mejeng di FMS:

1. Adient AI18

Mobil konsep Adient AI18 dirancang sebagai gambaran mobil listrik berteknologi otonom (tanpa sopir) yang akan hadir di masa depan. Mengusung teknologi berjalan otomatis, maka tidak ada lingkar kemudi di kabin. Hanya ada dua bangku saja di baris pertama dan dapat diputar 180 derajat. Bentuk bodi depan dan belakang membulat membuatnya terlihat unik. Lampu utama menggunakan LED.

2. Aspark Owl

Mobil yang dirancang oleh perusahaan asal Jepang itu rupanya baru saja melakukan debut global di FMS. Sama seperti hypercar pada umumnya, mobil ini memiliki bodi langsing, kemudian pintunya mengusung konsep gullwing, sayap belakang masif, dan pelek yang eksotis. Perusahaan mengaplikasikan baterai sebagai sumber listrik yang disalurkan ke motor supaya dapat menggerakkan ke empat rodanya. Aspark mengklaim tenaga yang dihasilkan dari kinerja motor listrik tersebut sekuat 1.000 hp.

Dengan tenaga sebesar itu, memungkinkan Owl melaju dari posisi diam sampai 100 kilometer per jam dalam 2 detik. Jika itu menjadi kenyataan, maka hypercar satu ini bisa dikatakan sebagai mobil listrik asal Jepang tercepat di dunia.

3. Audi Aicon

Mobil konsep dua pintu ini memiliki dua pintu. Tujuan Audi menunjukkan mobil jenis saloon ini adalah sebagai solusi kendaraan-kendaraan terdepan di dunia untuk industri otomotif, kedirgantaraan dan pertahanan.

Dari penampilannya, Audi Aicon memiliki panjang 5.444 milimeter, lebar 2.100 mm dan tinggi 1.506 mm. Pencahaan depan menggunakan LED tanpa lampu sorot, begitu juga dengan bagian belakang. Aicon dirancang dengan pintu bunuh diri (suicide door) yang diklaim mampu mempermudah penumpang maupun pengendara ketika ingin masuk ke kabin. Ada dua jok di baris pertama, uniknya setiap jok bisa diputar 15 derajat sehingga membuat interaksi antar penumpang menjadi lebih mudah.

Karena Aicon dirancang sebagai mobil masa depan maka perangkat-perangkat yang akan diterapkan mengikuti teknologi terbaru, salah sataunya otonom.

Audi Aicon akan menggunakan empat motor listrik, yang terletak di as roda depan dan belakang. Bila keempatnya bekerja secara bersamaan maka tenaga maksimal yang dihasilkan Secara to sekuat 353 hp dan torsi puncak 550 nm.

4. BMW i Vision Dynamics

Mobil konsep asal Jerman ini digadang-gadang bakal menjadi pesaing kuat Tesla Model 3. Perusahaan memastikan bahwa Vision Dynamics akan masuk jalur produksi. Mengenai waktunya BMW masih merahasiakan. Spesifikasi teknis dari mobil ini belum diungkap, namun ada kemungkinan mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam ( km / jam) di bawah empat detik dan kecepatan maksimal lebih dari 200 km/jam.

Seperti mobil Konsep X7 iPerformance, i-Vision-Dynamics memiliki kisi-kisi besar sebagai tanda bahwa ini merupakan mobil listrik. Di i Vision Dynamics mengadopsi seperangkat lampu depan LED yang ramping dan bumper depan tanpa lubang. Kaca spion konvensional tidak terlihat di samping, tapi diganti dengan kamera yang menghadap belakang mobil.

Di belakang, mobil mendapat lampu LED dan desain bumper yang relatif sederhana.

5. Borgward Isabella

Menurut Borgward, mobil konsep Isabella adalah gambaran sebuah kendaraan yang memadukan kesan modern dengan klasik. Hasilnya menjadi sebuah mobil dengan interior revolusioner, dan tubuh yang ramping.

Di atas kertas, Isabella merupakan mobil jenis coupe empat pintu dan empat kursi, mengikuti prinsip desain perusahaan "Impression of Flow" yang akan diterapkan pada semua kendaraan di masa depan.

Diperkenalkan di Frankfurt, mobil ini memiliki panjang 5.00 meter, tinggi 1,4 meter, dan lebar 1,9 meter. Ditubuh mobil asal Bremen ini telah mengalirkan elemen desain tiga dimensi dan pahatan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini