nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP AUTOS OF THE WEEK: Efek Badai Irma-Harvey, Pabrik Tutup dan Jutaan Mobil Rusak

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 17 September 2017 12:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 17 15 1777597 top-autos-of-the-week-efek-badai-irma-harvey-pabrik-tutup-dan-jutaan-mobil-rusak-NldNB25PM4.jpg Dampak Badai Harvey. (Foto: AFP)

NEW YORK - Badai Harvey dan Irma yang menerjang beberapa wilayah di Amerika Serikat (AS) belum lama ini tidak hanya menimbulkan korban jiwa tapi juga menghentikan sementara aktivitas warga dan industri terutama yang terkait dengan automotif.

Hyundai dan Kia memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas pabriknya, akibat Badai Irma. Langkah ini diambil oleh kedua perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) itu untuk menghindari kerusakan pabrik beserta alat-alatnya.

(Baca juga: Badai Irma Menerjang Amerika Serikat, Pabrik Mobil Hyundai dan Kia Tutup)

Hyundai juga menunda pengoperasian fasilitas pabrik di Montgomery, Alabama selama dua hari. Sementara Kia melakukan hal yang sama di pabrik Georgia selama satu hari. Akibat badai Irma dan penghentian pabrik, diprediksi penjualan Hundai dan Kia di AS akan mengalami penurunan.

Diperkirakan kedua perusahaan akan kehilangan produksi sekira 3.000 kendaraan.

Sementara itu akibat amukan badai Harvey lebih dari 1 juta mobil rusak. Umumnya kerusakan disebabkan terendam bahkan tenggelam.

Jumlah riil mobil yang rusak di seluruh wilayah terdampak badai di Texas diyakini masih terus bertambah. Angka 1 juta itu hanya di kawasan metro Houston. Houston sendiri merupakan kota keempat terbesar di AS dan menjadi salah satu pusat bisnis di Texas.

Kini, tugas berat menanti petugas asuransi untuk memulai proses pemeriksaan kendaraan untuk selanjutnya membayar klaim.

(Baca juga: Update, Amukan Badai Harvey Rusak 1 Juta Mobil!)

Untuk memudahkan pemeriksaan oleh pihak asuransi, pemerintah setempat menyewa lokasi yang bisa menampung puluhan ribu mobil korban Badai Harvey yakni di sirkuit drag race Royal Purple Raceway, Baytown, di pinggiran Kota Houston. Sehingga petugas asuransi tidak perlu mendatangi satu per satu rumah korban.

Tak pelak, kondisi Royal Purple Raceway berubah seketika menjadi "kuburan" bangkai mobil korban Harvey. Sebagian besar mobil itu sudah tidak bisa digunakan lagi sehingga terpaksa diangkat menggunakan traktor.

Pihak sirkuit menyediakan lahan seluas 161 hektare mulai pekan ini yang bisa menampung puluhan ribu mobil. Saat ini sudah ada 30 ribu mobil yang dibawa ke Royal Purple Raceway dan jumlahnya masih akan terus bertambah dari hari ke hari.

Berbagai model dan jenis kendaraan berdatangan, bahkan ada beberapa supercar yang kondisinya sudah tidak bisa digunakan lagi, seperti Ferrari. Lumpur memenuhi bagian interior mobil sampai ke setir kemudi. Ini membuktikan mobil terendam bahkan tenggelam.

(Baca juga: Penampakan 'Kuburan' 30 Ribu Mobil Korban Badai Harvey, Ada Ferrari-nya)

Pihak Royal Purple Raceway, Seth Angel, mengatakan setelah mobil diperiksa oleh pihak asuransi ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, mobil diperbaiki lalu dijual secara online melalui Copart. Kedua, mobil dihancurkan.

Sementara itu Angel memastikan bahwa proses ini akan memakan waktu lama karena mobil yang harus diperiksa sangat banyak. Karena itu sirkuit akan ditutup selama enam bulan atau hingga Februari 2018. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini