nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Mobil Futuristik di Frankfurt, Ada yang Bisa Nyetir Sendiri (2)

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 17 September 2017 14:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 17 15 1777626 10-mobil-futuristik-di-frankfurt-ada-yang-bisa-nyetir-sendiri-2-JYXLttR1bY.jpg Volkswagen Sedric Robo-Taxi (Carscoops)

FRANKFURT -  Selain kendaraan versi produksi, ada juga mobil konsep yang dipamerkan di ajang Frankfurt Motor Show (FMS) 2017. Desain dari masing-masing mobil berbeda-beda, ada yang tampil futuristik dan ada pula yang bisa saja. Umumnya mobil dengan desain futuristik yang paling banyak menyita perhatian pengunjung.

(Baca juga: 10 Mobil Futuristik di Frankfurt, Ada yang Bisa Nyetir Sendiri)

Berikut 10 mobil futuristik yang mejeng di FMS:

6. Mercedes-AMG Project One

Peluncuran Mercedes-AMG Project One dihadiri oleh Pembalap Formula One (F1) dari tim Mercedes Benz, Lewis Hamilton. Mobil ini dilengkapi dengan mesin dan teknologi yang mirip dengan mobil F1 tahun 2015 yang digunakan Hamilton, termasuk penggunaan mesin hybrid-nya.

Project One dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-50 AMG, sayap mobil sport dari Mercedes Benz. Mobil ini ditenagai dengan mesin bensin berkapasitas 1,6 liter, V6, turbocharged, yang dipadukan dengan empat motor listrik. Tenaga yang dihasilkannya mencapai lebih dari 1.000 hp. Akselerasi dari 0-198 kilometer per jam dapat dicapai dalam waktu kurang dari 6 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 347 km/jam.

Project One bisa dioperasikan hanya mengandalkan motor listrik, namun jaraknya tidak jauh yakni hanya sekira 26 km.

7. Smart Vision EQ

Mobil konsep berukuran kecil ini merupakan hasil imajinasi Daimler AG selaku induk perusahaan dari Smart dalam menciptakan sebuah mobil perkotaan sekaligus alat transportasi umum.

Smart Vision EQ Fortwo merupakan mobil mungil bertenaga listrik dan sudah mengaplikasikan teknologi otonom (tanpa sopir).

Sumber tenaga Smart vision EQ fortwo berasal dari baterai berdaya 30kWh. Saat tidak digunakan, mobil itu akan melaju sendiri menuju ke stasiun pengisian baterai.

8. Volkswagen Sedric Robo-Taxi

Volkswagen meluncurkan versi terbaru dari Sedric Robo-Taxi di Frankfurt Motor Show. VW menolak merinci perbedaan dari versi sebelumnya, namun menegaskan konsep tersebut pada akhirnya akan menelurkan sebuah model yang berbeda modelnya.

Mobil berteknologi otonom ini mengadopsi eksterior Anthracite Silk Gloss dengan garis kontras dan nomor 42 di roda depan. Interiornya memiliki pelapis baru dan lantai yang konvensional.

9. XiM18

Mobil dengan desain futuristik ini mengusung teknologi otonom dan full electric. XiM merupakan singkatan dari eXperience in Motion. Mobil ini dirancang dengan empat mode interior yang berbeda, drive, family, meeting dan lounge.

Mobil ini tidak memiliki lingkar kemudi kemudi, karena pengemudi tidak lagi mengarahkan kendaraan. Mobil bisa dijadikan sebagai ruang tamu bagi pengemudi dan penumpang.

10. Wey XEV

Kendaraan yang mirip dengan Tesla Model X ini adalah sebuah crossover plug-in hybrid yang memiliki lampu depan khas, pintu sayap, dan pelek besar. Bumper belakang berventilasi, diffuser besar, dan lampu belakang 'sipit'.

Wey tidak membocorkan spesifikasi dari kabin tapi, jelas terlihat bahwa mobil ini menawarkan empat tempat duduk yang dipisahkan oleh konsol tengah.

Spesifikasi mesin tidak bocorkan, namun XEV memiliki penggerak roda berteknologi plug-in hybrid powertrain yang terdiri dari mesin konvensional untuk menggerakkan roda depan dan motor listrik yang menggerakkan roda belakang. Mesin dan motor dapat bekerja secara sendiri-sendiri atau bersama-sama untuk memberikan tenaga yang lebih dan all-wheel drive. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini