nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bugatti Siapkan Generasi Penerus Mobil Tercepat di Dunia, Seperti Apa?

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 20 September 2017 07:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 19 15 1778973 bugatti-siapkan-generasi-penerus-mobil-tercepat-di-dunia-seperti-apa-DN0fzaw1Rb.jpg Bugatti Chiron (Foto: Reuters)

FRANKFURT - Pabrikan mobil cepat Prancis, Bugatti, baru setahun lalu memperkenalkan hypercar Chiron. Saat ini Bugatti masih memproduksi dan mengirimnya ke para pemesan.

Lebih dari 220 unit Bugatti Chiron sudah dipesan di penjuru dunia. Mobil yang dibanderol dengan harga dasar USD2,7 juta (di kisaran Rp35 miliar) ini rencananya akan diproduksi sekira 500 unit. Setiap tahun, Bugatti hanya membuat sekira 70 unit Chiron. Pembutannya membutuhkan waktu lama karena dilakukan secara manual.

(Baca Juga: Begini Cara Bugatti Membuat Hypercar Tercepat di Dunia)

Dalam diskusi dengan wartawan di ajang Frankfurt Motor Show 2017, Jerman, beberapa waktu lalu, CEO Bugatti Wolfgang Durheimer mengatakan proses pengerjaan generasi penerus Chiron akan dimulai tahun depan. Tapi, dibutuhkan waktu lama sampai perusahaan mengeluarkan produk prototipenya. Apalagi, generasi penerus Chiron digadang-gadang akan menggunakan motor listrik sebagai salah satu penggeraknya.

"Chiron masih akan bersama kita dalam beberapa tahun mendatang. Jadi pertanyaannya, apa yang akan datang berikutnya? Pertanyaan ini akan kami jawab pada 2009," kata Durheimer, seperti dikutip dari Road & Track.

Dijelaskannya, pada 2018 pihaknya akan melakukan tahapan awal yakni pra-pengembangan. Pada tahapan ini, Bugatti akan menampung dan mengevaluasi ide-ide yang masuk mengenai hypercar generasi penerus Chiron.

Soal jantung penggeraknya, Durheimer menegaskan bahwa elektrifikasi atau penggunaan motor listrik tetap akan menjadi perhatiannya. Alasannya, selain kendaraan ramah lingkungan akan menjadi tuntutan di masa mendatang, elektrifikasi juga bagian dari persaingan dengan merek lain. 

(Baca Juga: Hypercar Penerus Bugatti Chiron Bakal Pakai Motor Listrik, Kapan Meluncur?)

"Elektrifikasi juga menjadi topik bagi Bugatti. Belum diputuskan, tapi kami punya alternatif lain yang menarik. Persaingan akan terus berjalan, kami ingin berlari lebih kencang, lebih cepat, dan lebih baik dari segala sisi," ungkapnya.

Sebagaimana pada Veyron, Bugatti diperkirakan akan menghadirkan versi Super Sport serta varian dengan atap terbuka dari Chiron sebelum menyuntik mati.

(Baca Juga: Ketika Cristiano Ronaldo Kepincut Bugatti Chiron)

Mobil produksi tercepat di dunia ini dipersenjatai mesin 8 liter, berkonfigurasi W16, dengan empat turbocharger berukuran besar. Mesin mampu meletupkan tenaga 1.500 hp dengan torsi 1.180 nm pada 6.000 rpm. Akselerasi dari 0-100 kilometer per jam dapat dilahap dalam waktu 2,3 detik. Sementara kecepatan maksimumnya mencapai 417 kilometer per jam.

(Baca Juga: Wow! Eks Pembalap F1 Pecahkan Rekor Dunia, Pacu Mobil 0-400-0 Km/Jam dalam 42 Detik)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini