Jaguar Lawas Ini Bakal Cetak Rekor sebagai Mobil Termahal Sepanjang Sejarah Australia

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 22 15 1780713 jaguar-lawas-ini-bakal-cetak-rekor-sebagai-mobil-termahal-sepanjang-sejarah-australia-hyevefG9Gn.jpg Jaguar D-Type model tahun 1955 akan dilelang di Australia (PR Image)

MELBOURNE - Sebuah mobil Jaguar lawas bakal mencatatkan sejarah sebagai kendaraan termahal yang pernah terjual di ajang lelang di daratan Australia. Jaguar D-Type produksi tahun 1955 itu diprediksi akan berpindah tangan dengan harga 8 juta dolar Australia atau sekira Rp84 miliar di acara lelang yang digelar Mossgreen di Royal Exhibition Building, Melbourne, pada 14 Oktober 2017.

Di samping faktor langka dan lawas, hal yang membuat mobil ini sanga bernilai adalah statusnya sebagai mobil balap. Jaguar D-Type dengan nomor sasis XKD510 ini sudah melanglang buana ke berbagai benua mengikuti ajang balap sejak tahun 1950-an, termasuk di Australia pada akhir 1960-an.

(Baca Juga: Ini Mobil Lawas Jaguar Termahal di Dunia, Harganya Nyaris Rp100 M)

Sejak pensiun dari arena balap, mobil berkelir hijau ini sudah beberapa kali berpindah tangan, salah satunya pernah menghuni garasi mantan juara balap ajang ketahanan Le Mans 24 Hours, Duncan Hamilton, di Inggris.

Sejak itu, mobil bermesin 3,4 liter, 6 silinder, ini lebih banyak menghabiskan waktunya di Museum Donington Inggris.

(Baca Juga: Ada yang Mau Bayar Mobil Ini Rp660 Juta meski Kusam & Rusak)

"Ini merupakan mobil yang paling bernilai yang pernah dijual ke publik Australia. Tidak diragukan lagi mobil ini bakal mencetak rekor di malam lelang nanti," kata bos Rumah Lelang Mossgreen, Paul Sumner, seperti dikutip dari MailOnline.

Nilai jual perkiraan 8 juta dolar Australia itu sebenarnya masih jauh di bawah model serupa yang terjual di ajang lelang di Amerika Serikat pada tahun lalu. Mobil D-Type yang pernah menjuarai ajang Le Mans pada 1965 itu terjual dengan harga USD21,78 juta Rp284 miliar atau tiga kali lipat lebih tinggi. Angka itu menempatkannya sebagai mobil buatan Inggris termahal sepanjang sejarah.

(Baca Juga: Ditaksir Laku Rp240 M, Jaguar Ini Jadi Mobil Buatan Inggris Termahal)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini