nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP AUTOS OF THE WEEK: Konkret, Ini Dukungan Presiden Jokowi untuk Mobil Murah Perdesaan

Anton Suhartono, Jurnalis · Minggu 24 September 2017 06:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 23 15 1781601 top-autos-of-the-week-konkret-ini-dukungan-presiden-jokowi-untuk-mobil-murah-perdesaan-xI7pfocN6u.jpg Presiden Jokowi mengunjungi Bengkel Kiat Motor yang dikelola Sukiyat, salah satu inisiator mobil Esemka (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dukungan pemerintah terkait pengembangan mobil murah untuk perdesaan. Mobil ini bisa berarti banyak bagi petani dalam mengembangkan dan memasarkan hasil ladang dan kebun mereka.

Dukungan itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau Bengkel Kiat Motor di Klaten, Jawa Tengah, pada Minggu 17 September 2017 malam. Di sana, Sukiyat, sang pemilik bengkel yang juga salah satu inisiator mobil Esemka, menunjukkan tiga prototipe mobil perdesaan kepada Presiden.

(Baca Juga: Kunjungi Bengkel Sukiyat, Presiden Jokowi Dukung Mobil Murah untuk Pertanian)

Jokowi menegaskan bahwa Pemerintah akan memberikan dukungan penuh terhadap pembuatan mobil murah untuk pertanian, seperti saat para siswa SMK membuat mobil Esemka.

"Kami mendorong untuk mendapatkan sertifikasinya, mendukung uji emisinya, namun semua harus jelas," kata Presiden Jokowi, saat itu.

Kementerian Perindustrian juga tengah membangun mobil perdesaan yang peruntukannya digunakan untuk membantu sektor pertanian dan perkebunan. Mobil ini akan diproduksi oleh UMKM dengan menggunakan 100 persen komponen lokal.

Pemerintah telah mengantongi beberapa prototipe mobil perdesaan untuk direalisasikan dalam wujud kendaraan siap produksi. Untuk mengembangkan kendaraan perdesaan, Pemerintah menggandeng Institut Otomotif Indonesia (IOI).

Sementara itu Sukiyat mengatakan mobil perdesaan buatannya bakal dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau untuk para petani, yakni masing-masing Rp50 juta, Rp60 juta, dan Rp70 juta. Besar-kecilnya harga bergantung pada kapasitas angkut hasil pertanian atau perkebunan.

(Baca Juga: Murah! Ini Harga Mobil Perdesaan Sukiyat yang Ditengok Presiden Jokowi)

Faktor yang membuat harga mobil bisa murah, kata dia, karena semua bahan baku pembuatannya didapat secara lokal. "Bahan bakunya mudah dicari," pungkas Sukiyat.

Mobil tersebut akan diproduksi massal mulai 2018. "Rencananya pada Agustus 2018 akan mulai produksi massal untuk mobil angkutan pertanian," ungkapnya.

Selain membantu petani, mobil perdesaan juga bisa menghidupkan usaha industri komponen di daerah. Apalagi, siapa saja bisa memproduksi mobil perdesaan sehingga cakupannya bisa merata di berbagai daerah.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini