nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Jaguar Land Rover Kembangkan Teknologi untuk Memprediksi Cuaca

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 08:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 27 15 1784354 keren-jaguar-land-rover-kembangkan-teknologi-untuk-memprediksi-cuaca-Gv05oQQPI2.jpg Ilustrasi kabin mobil (Carscoops)

LONDON – Pabrikan mobil asal Inggirs, Jaguar Land Rover (JLR), tengah mengembangkan sebuah teknologi baru yang mampu memprediksi kondisi cuaca. Teknologi tersebut rencananya diaplikasikan ke mobil JLR di masa depan.

(Baca juga: Canggih! Setir Mobil Ini Bisa Dilepas & Menghibur Pemiliknya)

Sebagai upaya untuk menghindari pencurian ide dan tanda penemu pertama, baru-baru ini JLR mengajukan hak paten kepada World Intellectual Property Organization atas temuannya itu.

Seperti diberitakan Autocar, teknologi tersebut akan membaca suhu udara di sekitar mobil, tekanan, kelembapan, dan cahaya, serta memanfaatkan global positioning system (GPS) untuk mengetahui informasi cuaca lokal. Setelah itu, sistem akan menyesuaikan suhu interior mobil, pengaturan drivetrain, dan kontrol traksi secara otomatis.

Menariknya, informasi soal kondisi cuaca yang didapat dari teknologi tersebut bisa dibagikan ke lebih dari satu kendaraan.

Belum jelas apakah teknologi ini akan diproduksi dalam waktu dekat. Sistem seperti itu diprediksi sangat cocok untuk mobil otonom atau tanpa sopir, karena kendaraan bisa menyesuaikan kondisi suhu di kabin secara otomatis. Dengan begitu membuat penumpang di kabin semakin nyaman tanpa harus mengoperasikan sejumlah tombol supaya suhu kabin berkurang.

Bisa juga membuat kendaraan lebih aman ketika diprediksi akan turun hujan atau salju. Maka laju kendaraan akan disesuaikan dengan kondisi aspal yang licin atau tertutup salju.

Sebelumnya perusahaan juga memperkenalkan teknologi baru berupa setir portable. Berbeda dari setir pada umumnya, hasil pengembagngan JLR ini mampu merespons instruksi suara. Setir tidak hanya bisa digunakan di satu mobil saja, tapi juga di kendaraan JLR lainnya.

(Baca juga: Jaguar Land Rover Jajal Range Rover yang Bisa Nyetir Sendiri)

Semua data pemiliknya tersimpan di setir itu dan bisa terkoneksi dengan model kendaraan JLR apa pun ketika digunakan. Hal ini untuk merespons sistem penyewaan mobil otonom di masa depan. Pasalnya tren mobil otonom tidak lagi dimiliki secara pribadi, namun melalui sistem sewa layaknya alat transportasi online.

Setir masa depan itu akan menjadi "otak" dari pemiliknya. Di dalamnya terdapat banyak rekaman data pengemudi, seperti posisi mengemudi favorit, temperatur, perangkat hiburan, dan setting satelit navigasi. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini